Selamat sore menjelang sayang. Sebelumnya terima kasih kepada seluruh member BI yang suda banyak membantu saya dengan sharing informasi disini, terutama buat mas Lilik Agus Sugiyono.
Dan sekarang saatnya berbagi dengan teman teman semua. Kali ini saya ingin berbagi tentang perjalanan saya dari Oslo ke Bergen, biasanya saya share hanya kota yang saya ingin kembali lagi.
Perjalanan saya dari Oslo mampir ke Flam dengan kereta api, dilanjutkan dengan bus ke Bergen.
Berbeda dengan anggapan orang, yg konon katanya semakin keutara, orang Eropa makin angkuh, dan ini tidak saya temui di Oslo, Bergen atau Reykjavik.
Mereka baik baik banget dan sangat membantu, 2 kali saya nanya arah, dan mereka langsung akses handphone untuk mengarahkan saya dengan google map.
Hal hal yang perlu di perhatikan untuk melakukan perjalanan dari Oslo ke Bergen via Flam.
1. beli ticket kereta jauh jauh hari, mereka punya 3 tier harga. untuk webnya ke ww.nsb.no
2. Merencanakan perjalanan di bulan Oct sampai March, be alert karena schedule kereta, ferry dsb akan berbeda, jumlah jadi semakin sedikit, jadi harus diperhitungkan masak masak. schedule kereta, buss bisa dicari di internet, sayangnya ferry tidak.
3 pada saat antri ferry, suprisingly, antrian NIN justru panjang mengular, dan saya lenggang kangkung aja masuk ke ferry.
4. harus ke steigesein—ga bakal nyesel.
5. harus makan fiskesuppe, terutama yg di arcadia musseum di oslo, enak banget banget. Makan di fish market ok lah, buat pengalaman, walau menurut saya makanannya biasa,ikan saya over cooked, kalau mau coba daging ikan paus ada juga, walo saya ga tega makannya.
6. hati hati di oslo banyak orang yg mirip Chris Hemsworth, jangan sampe salah fokus, buat yang baper ati ati jatuh cinta.

Selebihnya saya pengen balik lagi ini ke negara ini kalo keuangan membaik. kalo bisa di saat summer kali ya, abis ujan melulu dan dingin. #BIBergen #BINorway

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/