SEOUL 4H3M 4,2 JUTA πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

( 4,2 JUTA itu sudah termasuk pesawat pp, hostel, t-money, transportasi, makan, tiket tempat wisata berbayar, ski resort + mini city tour dan sedikit oleh2)

Saya sudah kembali dirumah. Lho kok cepet ? Ya karena tidak bisa ber-lama2 soalnya kondisi kesehatan blm memungkinkan. Saya pergi ke korea bukan krn ingin liburan, tapi lebih ke uji fisik, disamping krn sudah dapat visa korea krn iseng dan beli tiket pas winter. Jadi ga ngoyo atau gas pol kesana kemari untuk waktu yang singkat, tapi dari sekian byk destinasi wisata yg ada, saya hanya memilih yg kiranya saya mau dan mampu.
Dari beberapa postingan saya tentang perjalanan saya ke korea, ada yg tanya, budget berapa, dpt tiket berapa, sekarang sudah terjawab, semua 4,2 JUTA diluar visa, kl sama visa ya 4,7 juta lah. Seringkali saya sampaikan di bbrp postingan saya, saya ini tidak suka belanja, I’m an explorer not a tourist. Alokasi dana terbesar tentu tiket pesawat tanpa bagasi hanya kabin (saya bawa koper kabin dan ransel), kemudian hostel dan t-money yg saya gunakan sebagian besar untuk pembayaran kereta. Makan lebih sering beli di sevel dan pinggir jln, hanya 2x makan di resto yaitu di McD nyobain bulgogi burger dan di vivaldi beli nasi mehong, terpaksa krn honger wkwkwkwk. Untuk one day trip ski resort dan mini city tour saya dapat free, jadi lumayan membantu untuk menghemat pengeluaran

Penjabaran biaya adalah sbb dgn catatan, harga yg saya tulis sdh mengalami pembulatan keatas biar enak aja nyebut nya dan nilai tukar yg saya pakai adalah Rp. 12/won walaupun saat belinya lebih rendah.

*Pesawat PP jakarta incheon Jakarta 2,3juta by airasia
*4x meal airasia @50ribu = 200ribu
*Hostel 550ribu / 3 malam, sudah termasuk diskon 10%
*T-money 37000won = 450rb (digunakan untuk bayar tiket kereta pp bbrp destinasi, makan dan oleh2).
*Tiket Itx 10400won = 125rb
*Tiket paket bus nami 6000 won = 72rb
*Tiket masuk Nami 8000won =96rb
*Biaya makan tunai :
– odeng & dumpling dongdaemun 4000won = 48rb
– 1 set paket burger McD 6700won = 80rb
– 1 tusuk chicken skewer di nami 2500won = 30rb
– 1 hot choco di gapyeong 600won = 7,5rb
-1 paket bento & burger di sevel 7200won = 86rb
– 1 paket nasi di vivaldi 8500won =102rb
– 2 chicken skewer di hongdae 5000won = 60rb

Total biaya keseluruhan Rp 4,2 juta

Beberapa destinasi yg saya kunjungi dgn kereta antara lain hongdae, dongdaemun, myeongdong, nangdaemun, insadong, gyeongbokgung, gwanghamun & nami, ski resort dan mini city tour menggunakan bus dari damyeung resort dan Free of charge, area kota yg dikunjungi oleh bus yaitu hongdae, myeongdong, sinchon, gangnam, COEX, national stadium, lotte world tower dan masih byk lagi, walaupun tidak turun bus saat keliling kota, paling tidak sudah sangat membantu untuk melihat keadaan seoul di kota dan luar kota.
Sekian dulu cerita biaya, masih ada beberapa hal yg akan saya posting mengenai pengalaman perjalanan saya selama di korea secara terpisah. Semoga ulasan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kalian, liburan itu ga harus mahal, iya tokhh ?
πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

#BIINFO #BISEOUL #BIKOREA

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/