Sharing pengalaman di Eropa. Kali ini edisi culture shock toilet.

Kalau di Jepang atau Singapore atau negara2 hi tech lainnya, aku sering rada bengong di toilet karena sangking canggihnya fitur2 toilet mereka, sampe takut salah pencet tombol.

Di Jerman sempat dulu pernah di posting di sini juga toilet yang kek robot bisa bersihin sendiri.

Backpacking berapa tahun yang lalu di Eropa, aku sama teman banyak tinggal di rumah orang lokal baik teman ataupun via AirBnb.

Pas masuk toilet temen aku yang baru pertama kali kebeberapa negara Eropa bengong liat toilet—ehhh kenapa toilet duduknya ada dua? πŸ˜€ πŸ˜€

Aku masuk dan ketawa hahaha… itu yang namanya BIDET! (ntah kenapa langsung pengen nyanyiin lagu Michael Jackson Beat it!).

Kita di Asia jarang banget nemu nih barang. Di rumah orang Eropa pun ngga semuanya ada. Aku pertama kali liat bidet waktu di host Paris backpacking solo aku tahun 2011.

Waktu liat pertama, sama kek teman aku mikirnya, LHAA ini kok toilet ada 2 boros amat!?? tapi yang satu lebih pendek dan bentuknya kek wastafel buat cuci muka (bukaaann), atau ini buat tempat pipis cewek? (gara2 bentuknya pendek dan uhhmm ntahlah apa yang gue pikirkan πŸ˜‚) atau masak sih jadi bisa 2 orang satunya pup satunya bisa pipis kalo kebelet (ngawur!).

Untung gue masih waras, google tuh barang (nanya sama host rada malu sebab host gue lakikkk hahah)

Bidet ini fungsinya buat cebok intinya. Jadi untuk yang bilang di Eropa susah buat cebok, yaaa coba liat sekeliling toilet, kalo di hotel atau rumah orang sana biasanya ada Bidet ini.

Kalo cara pakenya… tinggal duduk ngadap depan atau belakang juga bisa (tergantung mau bersihin yang mana). Kalo mau detailnya google ajalah ya **takut gue kena sensor**

Aku nemuin bidet ini di Host Jerman, Paris, Milan dan Roma. Jadi hampir semuanya.

Habis di pake jangan lupa di bersihkan lagi ya bidetnya!

Kenapa boros ada dua satu kakus satu bidet? bidet ini ternyata sudah ada sejak tahun 1710 pertama kali ada di Italy. Tahun 1975 pemerintah Italy mewajibkan pemasangan bidet ini di tiap toilet dan sampai sekarang di Italy 97% toiletnya ada bidet.

Kenapa ngga pake yang nyatu sama toilet? yang nyatu sama toilet baru di kembangkan tahun 1980an pertama kali di Jepang (produk toto).

Mungkin untuk cost eficiency, kalo terlanjur ada ya sudahlah di biarkan aja (teman pernah bisikin ongkos renovasi di Eropa itu gilakkkk). Dan tentu saja faktor kebiasaan dari tahun 1700an biasa bidet pisah.

Kenapa ngga di kenal di Amerika? menurut yang gue baca2 sih, orang Amerika ngerasa kagak butuh bidet sebab mereka umumnya took shower daily, ngga kayak orang Eropa yang berendam bath tub seminggu sekali (beneran ini yak?? hahah ampuuunn dj!!)

Masih banyak fakta lain tapi… cukup sekian lah….

Info: wikipedia dan sumber lain dari mbak google

#BIEropa, #BICultureshock, #BIParis, #BIMilan, #BIRoma #bidet

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/