SHARING PERJALANAN BANGKOK – CHIANGMAI – CHIANGRAI – CHA AM – HUAHIN
——————————————–
Hari pertama nyampe di bandara Don Mueang, bandaranya kecil mirip kaya bandara Husein Bandung. Begitu keluar gate yg pertama dicari adalah SIM CARD.
1. SIM CARD
TIPS : begitu keluar dari pintu exit nothing to declare pasti bakal dikerubungin sama orang2 yg jualan simcard, mending dilewat aja karena harga yg mereka tawarin lebih mahal dari counternya langsung. Masih di daerah yg sama jalan sedikit langsung ketemu counter SIM CARD dari DTAC atau True Move. Paket 7 hari 3,5 GB harganya 199THB ini yg paling oke sih kalo kata saya.

Beres beli simcard tinggal ngelanjutin perjalanan ke hostel. Untuk penerbangan dari Suvarnabhumi Airport ga ada masalah karena ada Airport Link yg langsung ngehubungin ke BTS Phaya Thai, sedangkan dari Don Mueang bisa pake Airport Shuttle Bus.
2. DON MUEANG to City
Keluar gate international arrival bakalan nemu plang Airport Shuttle Bus, kita bs antri disana sambil nunggu busnya datang. Ada 2 tipe bus, A1 dan A2, dua2nya ngelewatin BTS Mochit, dan untuk yg A2 pemberentian terakhir di Victory Monument, harganya 30THB nanti ditagih satu2 sama orang yang bawa kencleng.
TIPS : Kalo hotel/hostel kalian ada di daerah yg harus ditempuh dengan BTS/MRT kalian bisa turun di Mochit karena disana terhubung dengat Chatucak MRT. Dan BTS Mochit ada eskalatornya, kalo kalian bawa koper gede tinggal dorong aja, ga rekomen turun di Victory Monument kecuali hostel/hotel daerah situ juga karena dari pemberentian bus ke BTS tangganya lumayan banyak dan harus jalan jauh ngelilingin monumentnya itu.

3. City to Don Mueang
Bus A1 dan A2 berlaku juga untuk balik ke airport. Harganya sama 30THB, dan mereka berangkat sekitar 20-30 menit sekali. Bisa naik dari Victory Monument atau BTS Mochit Exit 3, nanti akan ada plang Bus A1/A2.
Tips : Sekali lagi menyarankan untuk naik di area Mochit karena lebih mudah dan kedua bus ini lewat daerah sini.

4. Bangkok – Chiangmai
Bisa lewat jalur kereta, bus atau pesawat.
TIPS :Untuk yg waktunya mepet disarankan pake pesawat karena harga pesawatnya pun ga mahal2 amat, saya dapet IDR 300.000 one way include bagasi 15kg dan cemilan roti+air minum pake Nok Air. Perjalanan hanya 1 jam, ga berasa sama sekali tiba2 udah landing aja.

5. Chiangmai Airport to City
Sempet nyari2 lewat internet katanya ada shuttle bus service dari airport ke daerah old city dengan bayar 40THB. Saya cari dan ketemu, ada di Exit 9, tapi loketnya udah mirip kaya tempat penitipan barang, ga ada penjaganya sama sekali tapi van nya berjejer. Saya sempet baca review negatif soal shuttle bus service ini, saya coba tanya ke petugas bandara dan dia minta saya bayar 300THB ke daerah Night Bazaar. Langsung saya tinggalin dan nyetop songthaew yg banyak lalu lalang depan pintu exit bandara. Drivernya komunikatif meskipun bahasa inggrisnya terbatas dan ramah sekali. Airport – Night Bazaar 100THB, oklah karena lokasinya cukup jauh.

6. ChiangMai
Sepanjang jalan di ChiangMai bakal banyak ketemu temple2. Untuk yg suka temple2 bisa dimasukin satu2. Untuk yg suka ngemall, ada beberapa mall yg nyediain free shuttle bus (pake songthaew) seperti promenada dan central festival, waktu itu saya pickup di Le Meridien Hotel, boleh nunggu di lobby hotel sambil ngaso dan nanti petugas disana bakal ngasih tau kita kalo shuttle busnya udah datang. Berlaku untuk kebalikannya, nanti mereka bakal nganterin kita balik ke tempat semula juga. Ada beberapa temple yg cukup jauh seperti Doi Suthep, saran saya ikut tour aja one day atau half day. Dijemput dan dianter lagi ke hotel, harganya juga ga terlalu mahal, berkisar 600THB.

7. ChiangMai – ChiangRai
Kebetulan saya ambil penerbangan dari ChiangRai untuk balik ke Bangkok jadi saya ikut one day tour chiangrai lewat travelhub chiangmai. Kita dibawa seharian ke white temple, golden triangle dll, harga tour 1000THB/orang. Saya request untuk di drop di bandara chiangrai setelah tour, dan mereka anter sampe pintu masuk bandara tanpa tambahan biaya.

8. HuaHin
Semua van keberangkatan bangkok – huahin udah dipindah dari Victory Monument ke Southern Bus Station (Sai Tai Mai), disana numpuk semua van yg bakal berangkat ke arah selatan. Untuk yg cuma mau ke santorini park aja BUKAN jurusan huahin tapi masuk jurusan CHA AM, harga tiketnya Bangkok – Huahin 180THB, Bangkok – Cha Am 160THB. Bisa minta drivernya turun di Santorini Park untuk jurusan Cha Am, dan untuk jurusan Huahin biasanya diturunin di daerah Market Village atau Clock Tower (Night Market).
TIPS : transportasi di Huahin bisa naik songthaew, mirip kaya angkot karena ada jurusannya. Beda warna beda jurusan, di bagian atas tempat duduk ada bel bisa kita teken kalo kita mau turun. Songthaew ini ga ada yg sampe daerah Cha Am, paling jauh hanya sampe Huahin Airport aja. Ongkosnya murah hanya 10THB.

9. Cha Am – Bangkok
Untuk yang main2 seputaran santorini park bisa minta tolong ke bagian receptionist hotel untuk minta tolong panggilkan van ke bangkok. Mereka akan tanya kita butuh jam berapa dan van akan tiba tepat pada waktu yang kita minta. Cha Am – Bangkok 160THB
——————————————–
Sekedar tips untuk yang baru pertama kali ke Thailand dengan bahasa inggris yang pas2an, ga usah takut atau ragu pergi ke sini karena orang2 Thailand sangat ramah dan ga judes kalo ditanya atau dimintain tolong. Saya pernah ga bisa pulang waktu di daerah huahin karena terlalu malam dan kebetulan daerah situ ga ada transportasi umum yg lewat, saya tanya sama security daerah situ dan mereka gerak cepat manggilin taxi songthaew buat kita๐Ÿ˜‚

Untuk yang pergi ber 3 atau ber 4, saya saranin naik taksi aja kalo jalan2 karena setelah dibanding2 naik taksi jauh lebih murah daripada naik BTS. Saya coba naik taksi dari daerah khaosan ke daerah asiatique dengan keadaan macet parah dan hujan lebat, hampir 1 jam dalam taksi dengan biaya 123THB saja, dibagi 3 atau 4 seorang kena 30-40THB kalo naik BTS mungkin dari Victory Monument ke Siam aja udah lebih mahal hehe.

TIPS : jangan pernah naik tuk2 sebagai sarana transport kecuali pengen nyoba naik karena mereka bakal ngegetok kita dengan harga tinggi. Untuk taksi sebelum naik pastikan dia pake argometer.

Sekian tips dari saya semoga dapat membantu๐Ÿ˜Š

#bdthailand #bdbangkok #bdchiangmai #bdhuahin #bdchiangrai #bdchaam

Posted by Novie | View Post | View Group

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/