Siapa yang tidak ingin keliling dunia?

Sebagian besar pasti menjawab dengan kata “mau” . Menikmati keindahan alam, belajar budaya baru, mencicipi kuliner setempat, mengunjungi tempat-tempat bersejarah atau unik, dan hal-hal lain yang menggelitik rasa keingintahuan dan jiwa berpetulang kita.
Banyak yang sudah melanglang buwana dengan puluhan cap atau stiker visa di paspor nya, ada juga yg baru berencana berkelana karena terinspirasi membaca pengalaman perjalanan lainnya.

Bagi yang belum pernah sama sekali menginjakkan kaki di negeri orang dan ingin mengikuti jejak langkah mereka yg sudah terlebih dahulu melancong, terkadang sering timbul pertanyaan : “bagaimana caranya, mulai dari mana? ”
Semua berawal dari mimpi/cita-cita dan ada niat yang kuat untuk mewujudkannya. Dan yang terpenting sesuaikan dengan kemampuan, kemampuan yang saya maksud disini adalah kesehatan, dana dan kesempatan.
Yang tau kemampuan kita adalah diri kita sendiri, jangan dipaksa kan, segala sesuatu pasti ada prosesnya. Kemudian apa langkah selanjutnya…?.

1. Paspor
Paspor ini adalah identitas diri kita saat berada di luar negeri, jadi siapkan dulu paspor nya, cari tau bagaimana cara pembuatan paspor dan kantor imigrasi terdekat, kalau paspor sudah ditangan maka impian berkelana ke negeri orang sudah selangkah lebih dekat.

2. Tetapkan destinasi / tujuan
Penetapan destinasi ini berkaitan erat dengan dana yang kita miliki untuk Traveling. Sering2 membaca pengalaman perjalanan orang lain dan searching di internet dari mulai harga tiket, akomodasi, transportasi dsb sehingga ada gambaran perkiraan biaya yang dibutuhkan selama di negeri tujuan. Biasanya bagi yg baru pertama kali bepergian ke luar negeri atau mengunjungi negara baru, sering terpesona dengan hal2 yg memicu keinginan akan eksplorasi /icip2 /belanja bertambah, yg bisa bikin bengkak pengeluaran, jadi jangan nge pas kalo buat perkiraan biaya, apalagi kalo suka belanja. Jadi daripada bertanya : “kalo ke negara A biayanya berapa ya?” , lebih baik dibalik pertanyaannya, saya punya dana sekian, dengan jumlah ini saya bisa kemana dan berapa lama. Kalau ada negara impian tapi dana belum mencukupi ya harus sabar, nabung dulu, bisa juga dengan sistem nyicil, beli tiket dulu untuk tahun depan misalnya, beberapa bulan kemudian booking hotel dsb.
Bisa mulai dari negara tetangga terlebih dulu untuk uji nyali dan menimba pengalaman, kalau dirasa yakin dan mampu untuk melakukan perjalanan ke negeri yang jauh pun silahkan, asal semua sudah dipikirkan dan dipersiapkan secara matang.
Tentukan juga mau apa dan kemana di negara tujuan, mungkin dari sekian banyak obyek wisata, tidak semuanya dapat kita kunjungi krn keterbatasan waktu dan dana, pilih yg kita mau disesuaikan dengan waktu dan dana yg dimiliki, cari tau juga apakah merupakan wisata berbayar atau tidak.
Pelajari juga budaya setempat, apa yg tabu disana, bisa cari di internet atau buku wisata, akan lebih baik juga mempelajari sedikit bahasa disana seperti kata terimakasih, ya, tidak, toilet, berapa dll yg tentunya akan membantu kita selama disana.

3. Tiket
Sekarang ini dengan adanya teknologi yg canggih, sangat menolong dan memudahkan kita untuk membeli tiket, apakah itu tiket pesawat, kereta atau bus. Kalau punya jadwal libur yg lebih luwes, lebih bebas untuk menentukan jadwal pergi berdasarkan tawaran tiket murah / promo yg tersedia. Sedangkan bagi yg hanya bisa liburan di hari besar/tgl merah, mungkin agak memiliki keterbatasan untuk menekan biaya karena biasanya harga2 di musim liburan itu mahal, tp tidak berarti ga bisa hemat.
Sekarang2 ini tiket bisa dibeli jauh2 hari sebelumnya, bisa 6 bulan bahkan setahun sebelumnya. Bagi yg membeli dengan menggunakan kartu kredit, ada keuntungan dgn bisa merubah tagihan menjadi cicilan bulanan, sehingga tidak terasa berat.

4. Visa
Pastikan negara yg kamu tuju membutuhkan visa atau tidak, bagi WNI mengunjungi negara-negara anggota ASEAN tidak diperlukan visa, kalau persiapan sudah ok, bisa jalan kapan saja. Bagi negara-negara yg membutuhkan visa, cari tau informasi dimana kantor untuk membuat visa krn sekarang tidak selalu di kedutaan, cari tau berapa biayanya, dokumen apa saja yg harus diserahkan dan butuh waktu berapa lama, jangan nge pas, masing-masing punya kebijakan sendiri2.

4. Akomodasi
Pilihan penginapan makin lama makin banyak, banyaknya situs yang menawarkan berbagai tipe/macam akomodasi berikut informasi biaya, fasilitas, lokasi dan foto kamar, memudahkan kita untuk menentukan pilihan sesuai keinginan dan kemampuan. Terkadang foto tidak sesuai dgn kondisi aslinya, sebagian sudah di edit, jadi jangan malas untuk membaca review dari orang-orang yg pernah menginap, sangat membantu kita dalam mengambil keputusan. Biasanya pilihan jatuh pada dekat dengan pusat keramaian, dpt dijangkau oleh berbagai transportasi umum dan akses ke tempat wisata gampang.

5. Peta
Peta ini mencakup peta kota dan peta jalur/rute bus/kereta. Sekarang juga ada peta yg lebih spesifik seperti peta lokasi obyek wisata, peta restoran halal dsb, pelajari dgn baik jauh sebelum berangkat. Bagaimana menuju lokasi dari dan ke bandara/penginapan /obyek wisata, bus NO berapa, kereta line apa. Perhatikan awal dan akhir Line kereta.

6. Dana tunai mata uang setempat
Tentunya kita harus menyesuaikan saat bertransaksi di negara tujuan, akan lebih baik membawa mata uang setempat dengan menukar di money changer sebelum berangkat dan dollar Amerika untuk jaga2, bagi yg memiliki kartu kredit juga bisa dibawa. Apabila memiliki pecahan besar krn tidak diberikan oleh pihak money changer, bisa ditukar saat sampai di bandara tujuan. Bilang saja minta pecahan kecil.

7. Barang Bawaan
Apabila semua sudah siap tinggal menentukan apa saja yg akan dibawa, disesuaikan dgn jatah bagasi yg kita miliki. Untuk perlengkapan apa saja yg dibawa, bisa dibaca di Link berikut :

https://m.facebook.com/groups/1468005403448997?view=permalink&id=1661253830790819

Banyak membaca dan belajar, kumpulkan informasi yang dibutuhkan sebelum berangkat.
Saya tidak lepas dari salah dan lupa, terkadang ada hal yg terlewatkan saat menulis, apabila dirasa ada yg kurang atau ada tambahan informasi lain yg berguna, bisa ditulis di komentar.

Happy Travelling

#BIINFO #SOLOTRAVELLING

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/