STRASBOURG dan COLMAR, PRANCIS

Buat yang pengen jalan-jalan ke Eropa, bisa dicoba dua kota ini. Gw suka banget sama 2 kota ini, dibanding kota2 di Prancis lainnya (sampe sekarang udah dikasi kesempatan datengin 12 kota).

STRASBOURG

Strasbourg adalah ibukota dari region Alsace, region yang berada di sebelah timur Prancis, dekat dengan perbatasan Jerman. Strasbourg pernah beberapa kali menjadi wilayah Jerman, oleh karena itu banyak sekali tradisi yang mirip dengan Jerman. Selain itu, di sini juga nama jalannya ditulis dalam 2 bahasa, Prancis dan Jerman. Strasbourg itu kota yang bener-bener komplit menurut gue, ada bangunan bangunan tua, tepatnya rumah rumah khas Alsace yang cantik banget dan suka dijadiin shooting film Disney; ada bangunan bangunan klasik kaya di kota-kota Prancis yang lain; dan juga ada Parlemen Eropa yang kompleksnya bener-bener keliatan modern.

Jika ingin berwisata dari Paris, bisa menggunakan kereta ataupun bis. Ada megabus, salah satu bis low budget yang bisa dinaiki dengan merogoh kocek sekitar 10 Euro. Strasbourg juga dekat dari kota-kota di sebelah Barat Jerman, seperti Cologne, Bonn dan Dusseldorf.

Untuk transportasi dalam kota ada moda transportasi tram dengan harga 1,7 Euro untuk sekali perjalanan (bisa transit). Menurut saya pribadi sih, asal sudah sampai pusat kota, kemana mana kita bisa jalan kaki, kotanya tidak terlalu besar kok. Kecuali kalo kita mau ke Parlemen Eropa yang letaknya agak jauh.

Kebanyakan obyek wisata di sini gratis, jadi ga keluar duit banyak buat jalan-jalan. Mau makan murah, tinggal beli di supermarket terus duduk-duduk di taman atau pinggir kanal. Kalo yang mau nyoba makanan khas Alsace, bisa nyoba Choucroute, tapi khusus buat yang makan babi aja. Hehe.

Untuk objek wisata langsung aja liat caption di tiap foto ya.

COLMAR
Colmar adalah salah satu kota di Alsace, bagian timur Prancis yang terletak di antara Strasbourg dan Mulhouse. Kota ini sangat terkenal karena rumah-rumah Alsace yang cantik dan warna warni. Bahkan di Malaysia, dibangun sebuah komplek turistik bernama Colmar Tropicale yang bangunannya dibuat menyerupai kota Colmar. Kota ini merupakan salah satu syuting film disney dibuat. Wajar, kotanya magis banget sih!

Kotanya sendiri cukup kecil, cukup ke sini dengan one day trip. Bisa ditempuh dengan naik kereta selama 30 menit dari Strasbourg (kira-kira 10 Euro), atau dengan blablacar yang lebih bersahabat di kantong (bisa dengan 5 Euro saja).

Untuk di dalam kota, kita bisa jalan kaki kemana-mana karena kotanya terbilang cukup kecil.

Highlight dari kota ini adalah La Petite Venise atau The Little Venise. Di tempat ini terdapat bangunan Alsace warna warni sepanjang kanal. Lebih cantik lagi kalo ke sininya pas summer atau awal spring, banyak bunga yang dipasang di sepanjang kanal. Sisanya, siap-siap dimanjakan dengan bangunan khas Alsace di seluruh kota.

Buat yang mau tau cerita lain di Eropa (atau Indonesia), bisa kunjungin blog gue di cunicandrika.com ya ๐Ÿ˜€

#BDEropa #BDPrancis #BDPerancis

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/