Sudah ada banyak ulasan tentang tempat-tempat di Eropa, tapi kayanya belum terlalu banyak cerita tentang Madrid di sini. Kebetulan tahun lalu saya sempat mengunjungi ibu kota Spanyol tersebut. Seperti kota-kota lainnya di Eropa, Madrid adalah kota yang cantik dan klasik. Apa sajakah yang menarik di Madrid?

Palacio Real. Ini adalah istana resmi Raja Spanyol. Namun Sang Raja dan keluarganya tidak tinggal di sini. Sepertinya istana ini hanya digunakan untuk acara kenegaraan saja. Beberapa bagian istana dibuka untuk umum. Harga tiket masuknya relatif murah, hanya 10 Euro. Interiornya ngga kalah cantik dengan Istana Buckingham atau Versailles.

Estadio Santiago Bernabeu. Penggemar sepak bola Eropa pasti ngga akan melewatkan rumah klub peraih 12 gelar liga champions ini. Kalau mau ikutan tour stadion, saran saya beli tiket secara online karena walaupun hari masih pagi antrian loketnya sudah sangat panjang. Kalau beli online, kita bisa langsung antri di pintu masuk dan scan barcode yang ada di tiket yang sudah diprint atau dari smartphone.

Restaurante Botin. Restoran ini merupakan restoran tertua di dunia yang beroperasi dari tahun 1725 hingga sekarang. Lokasinya ngga jauh dari Plaza Mayor. Tapi kalau mau makan di sini harus reservasi dari jauh-jauh hari karena sudah pasti banyak peminatnya.

Churros. Selama liburan di Spanyol, ini makanan favorit saya. Adonan seperti donat yang digoreng dan dicelupkan ke secangkir lelehan dark chocolate, juara banget kalau dimakan selagi hangat. Katanya yang paling terkenal adalah churros di San Gines. Tapi makanan ini mudah ditemukan di kafe-kafe di sepanjang jalan di Madrid. Harganya bervariasi sekitar 3-5 Euro.

Shopping. Toko-toko street fashion yang terkenal dari Spanyol seperti Zara, Bershka, Stradivarius, dan Pull & Bear tersebar seperti minimarket di Jakarta. Mungkin setiap jalan sejauh 1 km, bisa ada 3 toko Zara yang kita temukan. Saya sempat belanja di daerah Gran Via. Selain brand-brand Spanyol itu, ada store Primark yang besar sekali di Gran Via. Cewe-cewe yang ke sana dijamin akan beli banyak barang walaupun sebenarnya ngga perlu.

#BIMadrid #BISpain #BIEurope

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/