Susahnya Menggunakan Bahasa Inggris di Jepang

Terkadang hal yang cukup bikin pusing bagi para traveler yang berkunjung ke Jepang adalah Bahasa. Hampir semua orang Jepang sulit untuk berbicara Bahasa Inggris. Walaupun ada beberapa yang bisa, namun logat jepangnya yang terkadang membuat kita sulit mengerti apa yang mereka katakan.
Berikut beberapa alasan mengapa mereka sulit berbahasa inggris hasil observasi saya di Jepang:

1. Alfabet yang tidak komplit
Bahasa Jepang tidak menggunakan alphabet melainkan menggunakan Kanji, Hiragana dan Katakana. Dan ketiga jenis huruf tersebut dibaca persuku-kata seperti KA-KI-KU-KE-KO, SA-SHI-SU-SE-SO dsb.
Total alphabet yang digunakan dalam bahasa jepang hanya 22 huruf alphabet.Huruf, dan yang tidak digunakan dalam bahasa jepang adalah L,Q,V,X. Karena tidak ada huruf L, orang jepang kesulitan membedakan pengucapan R dan L.
Contohnya:
Love menjadi RaBu.
Villa menjadi BiRa.
Question menjadi Kueshong.
Taxi menjadi Takushi, dsb

2. Rasa Malu yang Tinggi
Orang jepang memiliki rasa malu yang sangat tinggi sehingga jika mereka melakukan kesalahan mereka akan sangat depresi dan dapat menyebabkan bunuh diri. Itulah mengapa tingkat bunuh diri di Jepang cukup tinggi. Dalam penggunaan bahasa Inggris pun juga demikian. Jadi mereka menanggap lebih baik diam dari pada berbuat kesalahan yang menyinggung atau merugikan orang lain.

3. Tidak Belajar Bahasa Asing Sejak Dini
Setelah saya bertanya-tanya tentang kenapa mereka sulit mempelajari bahasa inggris, ternyata sistem pendidikan Jepang tidak mempelajari Bahasa Asing sebelum masuk SMP. Wah kalau di Indonesia, kita sudah mempelajarinya dari SD bahkan ada yang sudah memulai dari TK. Karena Lidah mereka tidak dilatih dari usia dini, sehingga akan kesulitan untuk mengucapkan huruf asing yang baru.

Nah dari alasan-alasan tersebut dapat disimpulkan mengapa orang Jepang sedikit kesulitan untuk berbicara dengan bahasa Inggris. Mungkin beberapa ada yang pandai bahasa Inggris namun pengucapannya tetap masih ada logat jepangnya gtu. Seandainya ada yang lancar banget pasti ada apa-apanya, mungkin keturunan Bule atau pernah Tinggal di Luar Negeri.

Jika ada tambahan saran-saran dan tambahan, silahkan sharing yaa 😊

#BIJapan #BIinfo #backpackerjepang #jepangbackpacker #infojepang #antiriasti #japaneselanguage

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/