Temans tercinta di BI tentu udah sering baca info2 mengenai pengenaan pajak barang yang dibawa masuk ke Indonesia dari luar negeri akhir2 ini. Mungkin ada yg udah bosen mungkin pula ada yg masih pengin tau lebih banyak ( termasuk saya sendiri).

Singkatnya pengenaan pajak barang bawaan akan dikenakan penumpang pada batas nilai/harga barang yg dibawa ( $250 untuk pribadi dan $1000 untuk 1 keluarga).

Nah yang saya masih pengin ngerti adalah :

1. Saya tinggal di luar negeri dan saya belum pernah mudik, pada saat saya mudik suatu saat ke Indonesia bawa barang keperluan sendiri yg saya gunakan sehari- hari , yaitu Iped, iphone dan camera digital ( saya sengaja sebutkan barang2 tersebut krn tentu nilainya lebih dari $250).

Nah apakah buat barang2 tsb terkena pajak?, saya tanya krn barang tsb bukan untuk dijual dan akan saya bawa kembali lagi ke luar negeri setelah selesai mudik.

2. Bagaimana dengan uang ( saya musti bawa sangu buat biaya saya selama mudik, uang cash, kartu kredit dan kartu debed ) apakah dibatasi juga?

3. Bagaimana juga dengan cincin kawin yg dikenakan, apakah dihitung juga?

4. Belum lagi saya pasti bawa oleh2 untuk temen or sodara ( bukan barang2 mahal tapi pantas untuk oleh2)

Mohon bantuan temen2 yg sekiranya pernah punya pengalaman or pengetahuan or informasi, apalah yg berhubungan dg hal tsb di atas untuk menambah wawasan saya. Terima kasih,..

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/