Temen-temen backpacker, saya butuh advicenya…..

Tgl 15 Agus ini saya sudah issued tiket ke Korea. Tadinya saya hanya pesan utk istri dan rekan kerjanya yg ingin menghadiri konverensi disana. Karena rencana berangkatnya dadakan, jadi susah cari tiket dg harga yg bersahabat. Pas ada event travel fair Singapore Airlines kemaren, saya bantu beli tiket disana dan kebetulan dapat cash back, yg nilainya mencukupi utk 1 tiket lagi ke Korea. Saya akhirnya putuskan utk ikut ke Korea. Dalam perkiraan saya proses pengurusan visanya masih keburu, pengalaman saya urus visa Korea th 2014 prosesnya 5 hari kerja.

Tadi pagi saya urus visa ke kedutaan Korea, dan sudah membawa persyaratan lengkap. Pas datang, saya baca pengumuman bahwa proses pengurusannya 6 hari kerja dan tidak termasuk hari dokumen masuk (mulai berlaku Maret 2017). Saya pikir masih bisa, kalo menurut perhitungan saya, visa akan selesai hari selasa tgl 15 siang, masih keburu karena fight saya jam 20.15.

Setelah dipanggil utk proses administrasi petugasnya menyampaikan kalau paspor baru bisa diambil tgl 16, saya tanya kenapa? Petugasnya jawab tgl 15 Agus hari kemerdekaan Korea, jadi kedutaan tutup. Saya dan istri langsung panik. Kami coba memohon pada petugas minta tolong dibantu, namun petugasnya mengatakan tidak bisa membantu, karena prosedurnya sudah begitu. Utk istri saya dan rekannya akhirnya bisa diproses dg multiple entry visa yg bisa langsung jadi 1 hari, karena PNS. Sedangkan saya tidak bisa, karena blm memenuhi syarat utk multiple entry. Jika visa saya diapprove sblm tgl tsb. tetap baru bisa diambil tgl. 16. Saya putuskan untuk tetap mengajukan visa

Keluar dari kedutaan, saya coba ke Singapore Airlines utk reschedule tiket, dan mrt petugasnya bisa, hanya saja saya harus tambah 7jt, jika di reroute tetap nambah, utk ke Singapura saja harus nambah 3jt. Disini saya baru tahu, kalau maskapai full service jika pesen tiket return, maka jika ingin merubah jadwal, maka penyesuaian biaya tidak hanya pada jadwal yg ingin dirubah saja, melainkan total harga return. Dan jika saya berangkat menggunakan maskapai lain, maka tiket pulangnya hangus.

Disini saya tidak menyalahkan pihak manapun, karena memang saya yg terlalu berspekulasi. Hanya saja, saya masih berharap bisa berangkat. Barangkali ada diantara teman2 memiliki saran atau solusi terkait permasalahan saya ini? Atas segala saran dan masukan saya haturkan terima kasih..

#Visakorea

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/