Tergelitik dengan celotehan teman yang mengatakan bahwa untuk bisa travelling harus punya banyak uang. Menurut saya tidak melulu harus punya banyak uang dulu baru bisa travelling. Tergantung dari kamu nya sendiri sih…mau yang nyaman, tidur dihotel ber bintang, makan di resto plus naik pesawat ok….nah itu sih udah pasti bakalan ngeluarin kocek banyak yaa ☺️ tapi menurut saya ada cara smart dan hemat buat travelling sebenarnya:
1. Ikutan open trip yang bisa dibayar dengan cara dicicil. Apa sih open trip itu? Ada banyak kok travel2 atau travel bloggers yang ngadain open trip. Open trip itu, kita gabungan dengan orang lain. Nge trip nya paket minimalis alias sharing. Sharing kamar, sharing tour, dll. Banyak pilihan destinasi nya loh ada yang keluar negeri atau dalam negeri. Bayarnya juga bisa di cicil dari mulai 3 bulan sampai 10 bulan anggap aja nabung yaa…☺️
2. Kalo ga mau ikutan yang sharing2 bisa kok jalan sendiri dgn budget low. Caranya: beli tiket jauh2 hari. Cari yang lagi promo. Ga perlu naik pesawat yang wah kalo ga mampu. Ingat, umur, rejeki dan jodoh ditangan Allah. Pasrah aja…kalo udah waktunya “pulang” ya pastinya akan “pulang” mau lagi jalan, duduk, naik pesawat kelas bisnis or kelas ekonomi kalo udah abis waktunya ga akan bisa ngelak kan? 😊 trus cari hotelnya yang murmer aja…kaya Bed & Breakfast atau yang bisa sharing…kalo bisa bawa teman lbh bagus jadi bisa sharing. Inget, kan mau travelling jadi hotel itu kan cuma tempat buat tidur doang…selebihnya ya jalan2. Kalo mau enjoy the hotel facility ya ga usah jauh2…dikota kamu juga pasti ada jadi check in aja di hotel bagus n enjoy the facilities 😉 trus soal makan, kalo bisa bawa bekel kaya mie instant, makanan yang tahan lama atau cari tempat makan yang murmer kaya food court gitu…apa aja yg penting halal dan kenyang. Belanja…nah kalau saya bukan tipe orang yg doyang belanja. Buat saya tujuan travelling adalah menikmati indahnya alam sekitar, minggle with local, wisata kuliner plus eksis alias foto2…kalo soal belanja tergantung kamu2 yaa…oleh2 ga diwajibkan membawa oleh2 loh…seikhlas nya aja kalo ada uangnya ya beliin, kalo ngga ya udah ga usah ☺️

Tips:
1. usahakan kalau mau ke luar negeri kunjungi dulu nih negara2 yang tanpa visa, agar bisa koleksi stamp di passport kamu dulu. Hal itu buat referensi passport kamu loh kalo suatu hari mau ke negara yang memerlukan visa.
2. Jangan bawa uang banyak2 biar ga boros. Bawa uang secukupnya.
3. Jangan memakai perhiasan atau pakaian yang mencolok biar tidak jadi target orang jahat.
4. Transportasi, nah utk ini usahakan pakai transportasi lokal dan umum aja…kalo pake taxi udah pasti mahal.
5. Kalo mau nge trip kalo bisa pas gajian, jadi kantong happy…hati pun happy 😂
6. Yang penting sopan dan minggle with the local. Jangan sok turis biar bisa dapat harga murah. Dan hormati hukum di negara tersebut yaa biar ga kena masalah.

Go travel, coz people who never travelling only see the book from the cover ☺️ dunia itu luas, travelling itu bukan hanya jalan2 atau liburan tapi juga bisa jadi ajang menikmati ciptaan Allah yang Subhanallah luar biasa indahnya 😍

Happy travelling people 💪🏼🌎👣

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/