The Overhanging Great Wall
Jiayuguan, Gansu Province, China

Pasti tidak banyak yang tahu tentang the Overhanging Great Wall dan dimana letaknya.
Jangan pula tanya “how to get there”, karena terus terang kita ambil tour dari Kunming.
Bahasa Inggris guidenya juga parah dan kita2 ga bisa ngomong bahasa dia, tapi malah jadi ramai buat bahan guyonan 🙂
Miscom sering pastinya tapi tidak masalah yang penting jam makan dibawa ke rumah makan, malam diantar ke hotel, dst sampai selesai trip dan kita bisa pulang dengan selamat tak kurang suatu apapun juga.

So, saudara2 para Biers, harap maklum bahwa selain the Great Wall yang sudah kondang kemana-mana ternyata terpisah ribuan kilometer nun jauh di barat-daya daratan China ditemukan tembok yang fungsinya “dulu” sama dengan the Great Wall, yaitu sebagai benteng atau pelindung dari serangan suku2 nomaden dari utara.
Memang tidak sebesar the Great Wall namun dibuat dengan tujuan dan prinsip yang sama dan disebut the Overhanging Great Wall untuk membedakannya dengan the Great Wall yang di utara Beijing itu.

Menurut cerita dari Guide kita, ternyata Great Wall dulu memang dibangun untuk membentengi China sampai jauh ke barat-daya China dan saya sempat berfoto di depan sepotong tembok yang tersisa lho.
Bekas2 tembok sebagian terlihat sepanjang perjalanan saya menyusuri jalur sutera pada tahun 2012 yang lalu.
Selain dihancurkan oleh suku2 nomaden yang merangsek masuk di masa lalu, banyak bagian tembok juga “hancur” dilanda pembangunan secara masif oleh pemerintah China dalam beberapa dekade berselang.

Beruntung ada sebagian tembok yang dilestarikan yang sekarang kita kenal dengan Tembok Besar atau Great Wall.
Letaknya yang tidak jauh dari Beijing ditopang infrastruktur yang sudah tertata rapi, tersedia banyak moda transportasi yang memadai memudahkan arus wisatawan domestik maupun luar negeri mengunjungi Tembok Besar (the Great Wall) yang merupakan salah satu keajaiban dunia.
Tidak demikian halnya dengan the Overhanging Great Wall.

#BiChina #BISilkRoad #BIOverhanging Great Wall

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/