NGGA RUGI TRANSIT SINGAPORE!

NGGA RUGI TRANSIT SINGAPORE!

Tiba di Changi Airport Singapore pukul 15.00 dan hanya untuk transit, esok pagi pukul 08.00 baru flight menuju Surabaya.

Ga mau rugi lah ya, berjam-jam hanya untuk “duduk manis” sambil ngiler liat barang-barang mewah Mall Changi Airport.

Sebenernya sudah baca beberapa postingan traveler bahwa di Changi disediain free tour Singapore untuk mereka yang transit lebih dari 6 jam. Destinasi yang dituju ga jauh-jauh yaitu seperti Merlion, Marina Bay Sand dan Garden by The Bay.

Dengan alasan ga mau terikat dengan jadwal “terbatas” dari free tour tersebut karena takut ga puas jalan-jalannya, saya memilih untuk “dolan dewe”! 🙂

Biasanya pesawat kita landing di Terminal 2 Changi Airport, silahkan melihat sign “T3” yang akan membawa anda menuju Terminal 3, karena dari Terminal 3 ini kita akan menemukan MRT menuju City Singapore. Tinggal jalan kaki dan tak harus keluar airport, anda sudah sampai di Terminal 3. Ini adalah cara termudah dan termurah untuk menuju kompleks Merlion dan Marina Bay.

Setibanya di Terminal 3, jika anda membawa koper atau tas yang lumayan besar, sebaiknya jangan dibawa-bawa jalan, kasian pundak dan punggung kecapekan 😦 apalagi trik perjalanan saya ini bakal naik turun MRT. Sebelum masuk eskalator untuk turun di Changi MRT, tengok di sebelah kanan ada penitipan bagasi/tas. Yang jaga Om-om berambut putih yang marah jika ada orang “Indo” ngajak ngomong pakai bahasa Inggris. “Bicara bahasa saja, saya juga orang Medan! Tapi saya tinggal sudah lama di Singapore, bahasa pribumi kan lebih enak…” hehehe. Lumayan malu saya ditegur sama om ini :p

Harga penitipan untuk lebih dari 12 jam adalah $8 SNG / item. Karena saya berencana jam 23.00 sudah harus balik ke Airport ( MRT beroperasi hanya sampai jam 24.00 ), saya menitipkan barang kurang dari 12 jam dan hanya dikenai $4 SNG / item. Diminta paspornya untuk difotokopi, bayar dan selesai urusan “beban pundak”.

Saya berencana mengunjungi Merlion-Marina Bay- Garden by The Bay, rute ini adalah rute terbaik menutut saya untuk menakhlukan kawasan Marina Bay secara utuh.

Dari Changi Airport saya mengambil rute menuju Raffles Place MRT. Karena saya hanya berkunjung beberapa jam saya tidak membeli EZ-Link (MRT Card Singapore), melainkan pakai mesin tiket aja. Dari Changi menuju Raflles Place saya merogoh kocek $2.5 SNG dan mendapat tiket kertas. Jujur sampai sekarang saya masih penasaran apakah tiket kartu itu roundtrip atau single trip, karena pas balik ke Airport kartu itu masih bisa digunakan, padahal saya udah beli tiket kartu lagi di Bayfront seharga $2 SNG. Bagi kawan yang nanti kesana bisa tanya-tanya deh, lumayan kalau ternyata sudah Roundtrip.

Dari Changi Airport anda akan menaiki line Hijau dan anda harus berhenti di MRT Tanah Merah. Dari Tanah Merah anda lanjut naik MRT dengan tetap line Hijau tapi jurusan Jo Koon dengan nomor 2, jangan tertukar dengan nomor 1 yang jurusan Pasir Ris ya… sama-sama warna hijau soalnya :p

Tinggal duduk manis sambil tengok-tengok luar jendela, anda turun di MRT Raffles Place.

Keluar dari exit A, belok kanan dan ikuti jalur merah sesuai gambar yang saya upload, kawan akan menyeberangi jalan Collyer Quay dengan jembatan dan turun langsung pinggiran pantai. Ambil arah belok kiri dan jalan saja di pinggiran pantai yang dipenuhi dengan taman dan cafe sambil berfoto, kawan akan sampai pas dipunggungnya patung Merlion. Nah! Puasin dah foto-foto, agak gimana gitu kalau ke Singapore dan ga foto di icon terkenal ini.

Sudah puas foto-foto, lanjutkan perjalanann menuju ke seberang, sudah nampak tuh Marina Bay dadah-dadah minta kita kesana 🙂 caranya adalah dengan jalan kaki menyusuri pinggiran laut menuju gedung itu melewati Esplanade Bridge. Tidak jauh kok, sekitar 15 menit dan ga bakalan serasa capek karena jalanannya bagus dan rapi. Kanan kiri akan anda temui jajanan dan foodcourt Gluttons Bay yang lumayan buat ganjel perut sambil jalan kaki menikmati pinggiran laut. Foto-foto di Helix Bridge juga bagus loh background nya 🙂

Sesampainya di Marina Bay, cuci mata dulu lihat-lihat barang mewah, lihat-lihat aja yah! Jangan beli! :p

Dan disana juga ada Gondola semacam di Venitian Macau.

Mau berjudi?? Sokk atuh ada Casino juga disana. Yang paling berkesan sih lihat jatuhnya air dari pancuran mangkok entah apa namanya, dan hanya jika beruntung aja bisa liat air ini mengucur ke bawah 🙂

Sudah puas liat kanan kiri, berjalanlah ke Exit lantai 1 yang mengarah ke jalan Bayfront Eve, tepat di parit-parit Gondola tersebut, keluar pintu exit langsung belok kiri anda akan menemukan lift yang akan membawa anda ke jalan menuju Garden By The Bay. Anda akan melewati “bridge” tepat dibawah Hotel Marina Bay yang terlihat seperti Kapal di awan-awan itu 🙂 foto-foto lah!

Saat melewati hotel ini, kadang liur menetes tanpa terkontrol, karena tepat dibawah kalian adalah restoran dengan berbagai menu yang terlihat jelas dari atas! Asemm!

Setelah melewati bridge tersebut, taraa! Sampailah anda di Garden By The Bay.

Dilematisnya kalau berfoto di tempat ini adalah, jika masih terang wajah kita akan jelas namun lampu-lampu pohon belum menyala, kurang bagus. Pas petang lampu pun menyala dengan bagusnya, tapi wajah kita tak terlihat hahahaha. Pinter-pinterlah cari spot foto dan jamin, bakal wow banget foto-fotonya.

Di dalam ada dua DOM, dengan harga tiket Rp. 200 ribu-an yang menyajikan taman indoor dan satu lagi air terjun indoor. Saya ga minat buat masuk karena uang pun nipis, hanya foto-foto di luar, jadi ya maaf tidak bisa membagi foto-foto di dalam DOM tersebut.
Malam hari jangan pulang dulu. Jam 7.45 akan disajikan Symphony Garden, dimana akan disajikan gemerlapan lampu yang cantik dari pepohonan dan diiringi dengan musih berbagai genre, backsound Jazz yang paling aku suka hehehe.

Sangat menikmati malam itu 🙂

Jam 21.00 saya memutuskan untuk balik ke Airport. Sebenarnya waktu masih cukup untuk keliling Singapore dengan MRT. Tapi saya mau menikmati Changi Airport yang katanya wow banget itu. Jam 23.00 Mall Airport udah pada tutup, jadi saya bergegas balik.

Keluar dari Garden By The Bay anda hanya butuh mengikuti sign gambar MRT yang mengarah ke Bayfront MRT, ikutin saja. Tiket dari Bayfront MRT menuju Changi cuma $2 SNG. Murah!

Dari Bayfront anda pilih jalur kuning yang menuju MRT Harbourfront, tapi harus berhenti di MRT Paya Lebar. Turun MRT dan langsung transit menuju jalur hijau yang mengarah ke MRT Pasir Ris. Berhenti dan turun lagi di MRT Tanah Merah kemudian lanjut dengan MRT yang mengarah ke Changi Airport. Gampang kan???

Malam itu saya menginap di Changi Airport. Airport yang sangat ramah untuk traveler “kere” seperti saya. Banyak tempat duduk dan lantai berkarpet untuk tidur. Asal anda bawa Boarding Pass lanjutan, tenang saja dan tak usah kuatir dengan “tentara bersenjata” yang kalau malam suka inspeksi mendadak dan “mengusir” mereka yang tidak memiliki boarding pass. Makanan saat malam? Jangan kuatir, daripada makan di Marina Bay mending makan di Airport karena murah. Dengan $4 SNG sudah bisa makan Nasi Lemak yang uenak 🙂 ada foodcourt baik di luar chekin maupun di dalam gate.

Selamat mencoba kawan! 🙂

Tiba di Changi Airport Singapore pukul 15.00 dan hanya untuk transit, esok pagi pukul 08.00 baru flight menuju Surabaya. Ga mau rugi lah ya, berjam-jam hanya untuk “duduk manis” sambil …

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/