Tips Solo Riding

Berkendara seorang diri atau dalam kelompok kecil seperti bersama keluarga dalam jarak menengah atau jauh mendatangkan sensasi tersendiri. Ada beberapa pertanyaan yang diajukan kepada saya terkait perjalanan yang saya lakukan. Untuk itu sedikit sharing tips ini mungkin berguna bagi yang belum pernah melakukan perjalanan jauh.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan / diperhatikan sebelum memulai perjalanan :

1. Buat anggaran biaya yang harus dipersiapkan, meliputi :
οƒ˜ a. Biaya bahan bakar, berbeda untuk setiap kendaraan. Lakukan survey melalui Google Map untuk mengetahui jarak dari setiap destinasi yang dituju. Agar aman buatlah cadangan biaya, misalnya jika motor anda konsumsi bahan bakarnya 40 Km / Liter buatlah anggaran misalnya dengan asumsi 30 Km / Liter. Selanjutnya kalikan dengan harga bahan bakar yang digunakan.
οƒ˜ b. Survey di internet atau bertanya kepada teman mengenai biaya penyeberangan antar pulau, retribusi masuk ke kawasan wisata atau biaya2 lain yang mungkin ada, jika diperlukan.
οƒ˜ c. Buat anggaran makan & minum selama perjalanan. Semakin terpencil suatu tempat harga makanan biasanya semakin mahal. Tetapi jika mau makan sederhana sebenarnya hampir di semua tempat selalu bisa kita temukan nasi bungkus yang cukup murah.
οƒ˜ d. Buat anggaran lain2 untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga seperti kerusakan kendaraan atau yang lain.

2. Persiapkan perlengkapan pribadi ; pakaian, jacket, mantel hujan, obat-obatan, hp, power bank dengan pulsa yang cukup agar tidak kesulitan berkomunikasi.

3. Persiapkan kendaraan anda semaksimal mungkin. Servis dan ganti oli ke bengkel sebelum berangkat. Komponen utama seperti ban, rem, kampas kopling, lampu penerangan semua harus dalam kondisi baik.

4. Buat jaringan pertemanan sebanyak mungkin di tempat yang hendak kita tuju. Mengikuti sebuah Group FB khusus komunitas motor atau Backpacker sangat membantu. Hampir di semua tujuan teman-teman kita selalu ada. Jadi yang diperlukan hanya anda perlu membuka diri, menjalin persahabatan. Jika kita bisa menumpang tidur gratis tentu sangat menghemat biaya. Biaya penginapan adalah biaya terbesar dibandingkan biaya yang lain saat melakukan perjalanan. Jika anda tidak mempunyai teman di tempat tujuan berarti anda harus mempersiapkan anggaran penginapan itu. Alternatif lain adalah menumpang istirahat di Pos Polisi atau Pom bensin. Tetapi kondisi di luar Jawa jumlah Pom bensin dan Pos Polisi tidak terlalu banyak dan jaraknya bisa berjauhan. Untuk itulah mengapa kita perlu menambah peluang mencari tempat istirahat yang aman dengan menambah pertemanan lewat sosmed.

5. Periksa dokumen penting seperti KTP, SIM dan STNK jangan sampai tertinggal. Pos pemeriksaan seperti di Pelabuhan Gilimanuk Bali sangat ketat. Jangan sampai anda menyodorkan SIM yang sudah kadaluwarsa kepada petugas di sana. Wkkk

6. Persiapkan kondisi badan agar fit untuk melakukan perjalanan jauh. Jangan paksakan diri untuk berangkat ketika sedang tidak enak badan atau sakit.

7. Seorang biker sejati tidak akan kejar target. Tidak ada sesuatu yang diburu. Nikmati saja setiap putaran roda. Terkadang rencana bisa berubah total selama perjalanan, merubah total arah yang kita tuju. Dinikmati saja semuanya. Kita bukan pergi seperti mengikuti sebuah agen perjalanan.

Selamat menikmati indahnya Indonesia. Selamat menikmati asiknya berkendara.

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/