Transit lama di bandara di China?? (Check Video Perjalanannya di bawah ini)

Jangan cengo aja di bandara! Lets get lost ke salah satu keajaiban dunia (versi buku atlas dlu waktu SD) yak, Tembok besar China!

Mau bagi bagi pengalaman gw ke Tembok Besar China, berawal dari penerbangan gw dari Vientiane Laos ke Nagoya Japan. Mengharuskan transit di Beijing 15 jam lebih krn gw cari tiket murah naik china eastern. Di tiket nyampe jam 00.00 malem di beijing, dan jam 16 take off ke Nagoya.

sebelumnya gw cari tau dlu bisa ga Passpor Indonesia free visa di China untuk 3×24 jam. Dari berbagai referensi sih bilang gabisa, dan gw tanya tmn gw org cina pun katanya harus buat visa.

Oke krn gw gapunya waktu buat visa, tp ttp gw bikin trip nekat gmn caranya nyampe tembok besar cina, naik apa bayar brp, smp sedetil2nya, bisa ga bisa keluar ke China urusan belakang, yg ptg gw udh pegang rencana perjalanan.

Waktu itu pesawat gw delay 2 jam jadi sampe beijing jam 02.10 Dini hari. Dan yeay ternyata gw bisa keluar bandara di China! (FREE VISA)

Gw lgs segera ambil bagasi dan titip bagasi di penitipan bagasi di airport. Karena gw gamau ribet jalan jalan bawa koper apa lagi ini jalan jalan nekat.. Biayanya titip bagasi saat itu 40 yuan atau skitar 80 ribuan.
Setelah titip koper, gw cari tempat tidur krn selama di pesawat ga bisa tidur.. sambil nunggu jadwal kereta ke Kota beijing jam 6.30.

Yak jam 6 gw dah bergegas ke stasiun, masih di airport itu jg, dari stasiun airport beijing menuju ke kota Dongzhimen biayanya 25 yuan.. atau skitar 50ribu.

Lanjut saya melihat catatan perjalanan, yg menunjukan saya harus ke terminal bus keluar exit E yg terintegrasi dg staisun Dongzhimen.. Naik bus 916 Expreess ke Huairou, biayanya skitar 12 yuann.. atau skitr 24 ribu. tp krn wktu itu sy ga ada 2 yuan, adanya 10 yuan aja jadinya cm bayar 10 yuan lumayan. hehe

Sialnya di bis gw ketiduran, alhasil bangun2 dibangunin sm org gatau siapa bisa bahasa inggris dia blg mau ke great wall? kl mau ke great wall trun dsini, dan damn pas trun, lalu bus meninggalkan gw, dan gw clingak clinguk di tengah jalan dan gw ga liat mana great wall! dsitu gw get lost! dan bner aja dr byk cerita, byk supir taksi nakal yg menjebak, dan trnyata yg bs bahasa inggris bangunin gw di bus itu adalah supir taksi. Dia kasih tarif taksi 160 Yuan ke greatwall, katanya masih jauh 30 menit naik ke atas pake mobil. 160 yuan itu skitar 320 ribu. krn gw backpacker sejati, gw gamau sgtunya bayar dan untungnya gw pny catetan org org yg pny cerita terjebak supir taksi itu cm bayar 80-100 yuan doang, akhirnya gw nego sampe matiii… harus sedikit keras, kl gamau sy bakal naik kendaraan lain (padahal gw gatau naik apa krn emg ga ada kendaraan umum kesana). Setelah nego lama gw janjiin pulang pergi, akhirnya gw dpt harga 60 yuan doang. lbh murah dr yg gw baca di blog. dan PP dikasih 100 yuan.

Akhirnya gw naik taksi ke Greatwall!!!!!

Ga sabar, pagi itu gw sampe greatwall jam 9, kayaknya gw pengunjung pertama masih sepi.. ada bbrp tiket disana, ada bus lg yg harus dibayar buat ke pintu ke loket kereta gantung, dan masih naik kereta gantung ke greatwallnya.

Total tiket Great wall: 160 yuan atau skitar 320ribu.. (Tiket bus PP, tiket kereta gantung PP dan tiket masuk)

perjalanan panjangggg finally sampe jg tembok besar china, gw lgs manfaatin hp gw buat foto2, beruntungnya pagi kesini masih sepiii jadi berasa tembok besar ini milik sndri…

Tembok besar china begitu takjub melihat kekokohannya, panjangnya yg melewati 10 provinsi di China sepanjang 5.500 mil. tentu gw ga menyusuri, sampe akhir hayat mungkin gw belum bisa telusurin semua itu..

tapi syangnya gw gbsa sampe jauh jauh, krena gw terbatas waktunya mengingat gw jam 2 hrs dh di bandara lg. jadi gw cm batesin sampe jam 11 aja di sana.

Ternyata krn byk foto foto, gw smp loket utama jam stgh 12.. lgs gw naik taksi trun lg ke halte bus, dan nggu bus balik ke dongzhimen… sialnya macetttt dan gw khawatirrr jam 2 gw br smpe dongzhimen. lgs gw lari ke staisun naik kereta ke airport, sampe airport jam 2.40. Ambil bagasi dan begonya di bandara yg segede itu gw lupa lokasi penitipannya dmn, untung gw mark location di hp, lgs ambil bagasi, dan check in jam 3, tp antrinya kaya uler tangga, tau sndri china manusianya kaya apa.. penuh!

Krena gw last check in akhrinya gw di dahuluin…
dan Finally gw lari ke waiting room. pas bgt sampe lgs naik pesawat jam 3.30. (tepat waktu)

Hari itu kelar pengalaman gw 15 jam di BEIJING!
Pengalaman ternekat..
Seandainya gw telat sdikit aja mungkin gw ga sampe nagoya. ga tau nasib gw jadi apa di Beijing gara2 ketinggalan pesawat…

Total pengeluaran semuanya:

Kereta Airport-Dongzhimen PP: 50 yuan
Bus Dongzhimen-huairou PP: 24 yuan
Taksi PP: 100 yuan
Tiket greatwall: 160 yuan
(Perjalanan total dari airport ke Greatwall Mutianyu 2.5 jam kalo ga macet. kalo macet 3 jam an)

FYI Greatwall terdekat dengan Beijing airport adalah Greatwall Mutinyu.. jadi perjalanan PP aja memakan waktu 6 jam.. So please arrange waktu dengan baik.

Jadi total biaya ke Greatwall 1 hari adalah: 334 yuan.. atau skitar 700ribu..
Biaya itu lbh murah drpd ikut tour travel one day trip… pernah tanya biayanya 150USD/org.. paling murah 80USD itupun kl rombongan..

Selamat mencoba.. Semoga bermanfaat..

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/