Trekking 45km di daerah ini bakal bikin lu tercengang saat menikmati pesona lekukan bukit bukit padang rumputnya… tapi juga bisa bikin kaki rada ngangkang krn lumayan jauh ya jalannya.

ini salah satu lokasi trekking favorit di Vietnam. terbentang sepanjang 45km antara Ta Nang di propinsi Lam Dong, sampe Phan Dung di propinsi Binh Thuan. berangkat dari HCMC jumat malem, sampe di rest area Ta Nang sekitar jam 5 pagi untuk makan pagi dan bersih bersih di sebuah warung makan sederhana. setelah makan bun bo hue (bisa minta ga pake babi) lanjut ke titik keberangkatan. mini bus yang kita tumpangi bakal nurunin di jalanan becek entah dimana. yang pastinya aman. karena kita trekking ada pemandunya dan yang ikut pun minimal 6-10 orang. jadi kalo mau ikut, musti nunggu kuota. atau musti cari temen buat menuhin kuota. bajetnya kurang lebih 1.9jt vnd per orang.

sebelum mulai trekking, si pemandu yang ga terlalu fasih bhs inggrisnya bakal ngebrief kita dan membagikan sleeping bag dan 2-3 botol minum per orang. ga usah bawa tenda karena akan disediain oleh si pemandu dan tendanya pun akan dibawa ama porter, bukan ama kita. begitupun makan siang dan makan malam. sang pemandu bakal bawain buat kita. jadi lumayan ‘enteng’. tapi ya kita tetep musti bawa perlengkapan dan konsumsi pribadi seperti odol, snack, coklat, redbull, senter. udah biasalah kalo pernah naek turun gunung. dan yang paling penting, siapin stamina, sepatu hiking dan otot2 kaki yang kuat supaya ga gampang keseleo.

saat memulai pasti muka kita riang gembira dan penuh semangat membara. ngelewatin sawah2, sungai2 kecil, perkebunan, padang rumput, hutan dan bukit2 padang rumput.. makin lama makin naik turun trekkingnya jadi udah mulai berasa pegel linu.. tapi.. tiap kali ngeliat bukit padang rumput, bawaannya pengen lari ampe atas bukit terus mendengungkan lirik2 the sound of music. sinematik banget.

perjalanan ke camping groundnya kira2 8-9 jam an. jauh ya.. berangkat jam 7 pagi, sampenya jam 4 sore. tergantung cepet lambatnya kita trekking. ga ada sinyal pula. jd ga usah liat2 henpon dari pada ngabisin batere. kecuali kalau kita mau bawa 2-3 powerbank buat back up. ditengah perjalanan pun kita bakal disediain makan siang. tapi ya jangan kaya raja minta dilayanin. namanya jg trekking bareng2, bantu2 lah ya.

sampe camping ground kita bisa istirahat bentar sebelum mendirikan tenda. kecuali kalo ujan. buru2 deh kita pasang tenda. malemnya kita nyalain api unggun biar ga kedinginan sekalian nyipain makan malam. kita musti minta dari awal sebelum keberangkatan kalo makanan buat kita jangan ada babinya. kalo ga bilang, ya makan aja rumput kaya kuda2 milik para porter yg bawain barang2 trekking buat kita.

suhu siang hari panas. malem dingin. tergantung musim ya. jadi musti dapet info valid sebelum berangkat. kalo sekarang2 ini rada badai. jadi pasti dingin banget.

pagi2 kita sarapan seadanya. mungkin roti, sarden, sambel dan garam. abis itu kita lanjut trekking lagi. viewnya masih tetap bikin berdecak kagum. pas makan siang kita bakal berhenti disebuah sungai kecil. disitu ada ikan2 kecil yg bakal nyicipin kaki kaki kita. berasa kaya dipijit ala ala.

setelah itu, perjalanannyya makin medebarkan. banyak turunannya. ngelewatin banyak hutan. dan penuh batu2 kerikil. jadi musti lebih hati2 terpeleset. tapi itu ga seberapa.. sampai kita ketemu pangkalan ojek ditengah hutan!

bisa dibilang trekkingnya udah selesai tapi bukan berarti petualangan kita berakhir disitu. ini ojek kaya balapan motor off the road pake motor bebek honda dream. kalau kita ga pegangan erat2 ama abang ojek, kita bisa terpental dari motornya. mereka udah apal banget medan jalanannya. ngelewatin jalan setapak, sungai kecil, jalanan berbatu dan berpasir. luar biasa bikin jantungan buat kita yang beranggapan kalau ga ada yang ngalahin cara supir bajaj nyupir bajajnya.

si ojek akan mengantarkan kita ke sebuah warung di pinggir hutan. disitu kita bisa melepas lelah, makan siang dan mandi sembari didekat kandang babi. yup, kita mandi diliatin babi. ga usah malu. ga ada babi yang kenal kita.

selesai berbenah, kita pulang naek mini bus yang sama menuju HCMC. kira2 sampenya diatas jam 9 malam hari minggu. lumayan.. banyak stok foto berkualitas buat instagram.

#bivietnam
IG: @rezqoi

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/