#trip_Kamboja
#Siem_Rap
ini adalah secuplik perjalanan saya kemarin. Melintasi Thailand-Kamboja-Vietnam via darat dengan mengendarai bus umum. Kalau soal tempat wisatanya, tentu sudah banyak yang bercerita disini. Saya lebih ingin membahas tentang jalur masuk ke negara Kamboja via Siem Rap.

Perjalanan bus dimulai dari kota Bangkok menuju Siem Rap. Setelah melewati gerbang kota ini, pengecekan dokumen perjalanan pun dimulai. Di dalam bus, sebelum sampai daerah perbatasan, biasanya pihak awak bus menawari jasa pengurusan dokumen perjalanan. Jangan pernah mau yaa. Karena harga yang mereka patok itu jauh diatas biaya yang seharusnya yang kita keluarkan.

Eh.. serius ada biayanya? kan bebas visa to?. Jadi begini ya.. emang sih masuk ke negara ini bebas visa, tapiiiii… pihak imigrasinya menetapkan biaya ‘khusus’ bagi mereka yang melintas dari Thailand. Para pengunjung baik turis asing, turis lokal ataupun warga penduduk sekalipun, dikenakan tarif yang sama. Biayanya cuma 100 Baht atau sekitar 40K IDR. Ada bukti? di dalam ruangan imigrasi nan pengap itu banyak sekali peringatan tuk tidak mengaktifkan kamera atau handphone. Daripada perjalanan berabe dan bermasalah, kami memilih tuk mengikuti alurnya. Hal semacam ini sudah menjadi rahasia umum disana.

Setibanya di daerah perbatasan ini hingga masuk ke kota Siem Rap nya, Anda akan melihat banyak alasan mengapa hal semacam diatas menjadi sebuah kebiasaan yang dimaklumi. Oia, uang 100 Baht nya diberikan kala pengecekan masuk Kamboja aja kok. Ketika dicek oleh pihak Thailand nya, tidak ada biaya apapun.

Semoga bermanfaat. ๐Ÿ™‚

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/