VISA SCHENGEN (GROUP)

Hi temen2 BI, Puji Tuhan, syukur Alhamdulilah visa Schengen kami di approve hari ini. Walaupun sudah banyak yg share ttg visa Schengen sebelumnya, nah ini mau nambahin cerita aja utk apply bergroup lewat kedutaan Perancis (TLS) di Jakarta πŸ‘―

Katanya siy, apply bareng2 itu kemungkinannya lebih besar utk di approve visanya, krn akan dilihat bnr2 bakalan travelling bersama, aplg dgn bukti issued tiket dgn jadwal yg sama dan nama kami semua ada dlm 1 travel insurance.. πŸ’†πŸ»

Kami total 13 orang:
10 org apply lewat TLS Perancis di Jakarta,
2 org apply lewat VLS Belanda di Surabaya,
1 org apply lewat VLS Belanda di Bali.
Background kami ini macem2, ada yg karyawan swasta, PNS, punya usaha sendiri, IRT, dan pengacara (pengangguran banyak acara) πŸ’ƒπŸ»

1. Web TLS contact yang baru adalah yang ini: https://fr.tlscontact.com/id/JKT/index.php bukan yang ini: https://www.tlscontact.com/gbLON2fr/login.php

2. Tahapannya:
a. Create account
b. Filling form / isi data online (bisa add participants sesuai jumlah orang yg mau apply visa)
c. Validasi (jangan klik tombol validasi sebelum yakin data yg diinput sudah benar, krn kalau sudah klik tombol ini, tidak bisa di edit lagi dan semua data akan lgsg masuk ke system di kedutaannya)
d. Buat appointment (kalau lebih dari 5 orang, maka pembuatan appointment harus via phone)

3. Saat pengisian data online, salah 1 nya ada pertanyaan begini:
a. β€œapakah anda akan pergi ke wilayah2 luar negeri perancis” nah saya kira ini maksudnya negara lain yg masih dlm area Schengen, seperti Italy, Belanda dll tp ternyata bukan.. ini maksudnya adalah wilayah luar negeri Perancis yg bukan bagian dari area Schengen (kalau saya sih kliknya β€œNO”)
b. Kalau tidak punya undangan dari organisasi / teman / kerabat yg tinggal di Perancis maka nama tuan rumah, alamat, no telp, no fax diisi dengan rincian hotel

4. Kalo punya visa dari negara2 lain, copy dan lampirkan saja 😁

5. Pas submit document, cuma 1 orang aja yg maju sbg PIC, jadi semua document di kumpulkan ke PIC sedangkan yg lainnya nunggu. Disini saya ajak obrol embak2nya, katanya document yang dianggap paling crusial itu adalah tiket, travel insurance dan bukti keuangan atau bukti2 lainnya yg menunjukkan kita akan kembali ke Indonesia, bukan malah overstay bahkan nyari kerja di sana (cth: srt ket kerja dari kantor)

6. Asuransi yg kita pilih dari Zurich, karena applynya ber-10, lumayan dapet harga family πŸ˜€ Rp 352.000 aja per orang.

7. Pastikan document lengkap dan benar. Kemarin temen saya ada yg fotonya salah, jadi harus foto lagi di mall ambas (tempat fotonya ada di sebelah toko buah all fresh). Document yang salah / yang masih kurang lengkap boleh dilengkapi dulu maximal s/d jam 13.30 di hari yg sama. Kalo ga bisa?? Ya lengkapi dlu trus buat appointment yg baru.. πŸ˜‚

Itu aja dari saya, terimakasih, happy valentine πŸ™‹πŸ½πŸ€—
#BIINFO #BIVISASCHENGEN #BIEUROPE #BIEROPA

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/