5 Objek Wisata di Gunung Kidul Yogyakarta yang Paling Menarik  – Gunungkidul yang memiliki bentangan alam berupa datarana tinggi dan didominasi oleh pegunungan karst sangat potensial untuk kegiatan pariwisata. Adapun topografi yang ditawarkan terbagi menjadi tiga wilayah, dimana meluas hingga ke arah selatan Pulau Jawa dan merupakan zona pengembangan daerah dari pemerintah setempat. Sudah pasti destinasi wisata di Yogyakarta ini sangat populer.

Kunjungan wisatawan yang begitu ramai menunjukkan pesona alam yang sungguh memikat hati. Selain itu para wisatawan juga tak usha khawatir jika ingin bermalam di sekitaran Gunungkidul, lantaran sudah disediakan fasilitas tempat menginap mulai dari hotel, cottage, hom hingga guesthouse. Berlanjut ke masalah objek wisata di Gunungkidul anda bisa menemukan destinasi menarik seperti berikut ini.

Inilah 5 Objek Wisata di Gunung Kidul Yogyakarta

  1. Gua Seropan

Loasi Gua Seropan berada di desa Semuluh, Kecamatan Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk menuju Gua Seropan dari Kota Jogja, Anda dapat menumpang bus jurusan Wonosari, lalui dilanjutkan dengan bus ke Bedoyo.

Gua Seropan merupakan objek wisata yang menawarkan kegiatan berupa susur gua atau caving serta rock climbing. Tentu saja kawasan objek ini sangat tepat dinikmati bagi mereka yang hobi berolahraga di alam bebas. Namun, anda yang tak menyukainya masih bisa menikmati keindahan gua dengan tampilan ornament stalagmit dan stalagtit. Apalagi dengan suguhan aliran sungai di bawah goa yang sangat memukau.

Fenomena alam yang sangat eksotis yang jarang ditemukan di gua-gua lainnya adalah adanya air terjun di dalam gua Seropan, Keindahan air terjun setinggi 7 meter yang akan jarang Anda temui ini dapat Anda nikmati selama menjelajahi Gua Seropan.

  1. Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran merupakan satu-satunya gunung api purba di yogyakarta yang mampu menyuguhkan keindahan kota Yogya saat anda melihatnya dari puncak gunung. Tak hanya itu, di gunung dengan ketinggian 700 mdpl ini para pendaki juga bisa menyaksikan panorama alam berupa sunrise sekaligus sunset yang sangat menakjubkan.

Sebelum tiba dilokasi anda harus trekking dahulu selama 1.5 jam. Setelah itu, akan menemukan gunung yang berbentuk seperti bongkahan batu raksasa.

Dalam sejarahnya gunung Nglanggeran yang terletak di Desa Nglanggeran, Kedamatan Patuk, Gunung Kidul ini ada sejak 60 juta tahun yang lalu dari hasil pembekuan magma

  1. Air Terjun Gethuk

Air terjun Gethuk yang memiliki panorama alam dengan pemandangan memukau. Namun, anda harus berjalan kaki melalui pematang sawah sejauh setengah kilometer dan menuruni tangga yang terbilang licin. Pilihan lain, jika anda ingin cepat tiba lokasi air terjun Gethuk, Anda bisa menyewa perahu tradisional bernama Gethek. Sesaat tiba di lokasi anda akan menyaksikan aliran air di antara tebing berketinggian mencapai 50 meter. Berikut alamat air terjun Gethuk: Jalan Air Terjun Sri Gethuk, Bleberan, Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

  1. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal berada di wilayah Gunung Kidul, alamat tepatnya ada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Pantai ini memang sangat populer dengan pepohonan duras yang tumbuh di kawasan sebelum memasuki pantai. Pantai Pok Tunggal menyajikan hamparan pasir putih dan tebing-tebing bertegak lurus yang memiliki ketinggian berkisar 40 m hingga 60 m. Adapun ombak laut yang diberikan cukup tenang, sehingga sangat cocok untuk berenang. Selain itu, anda juga bisa menemukan mata air tawar dari aliran sungai bawah tanah di pantai ini.

Akses menuju Pantai Pok Tunggal dari kota Yogyakarta sudah cukup bagus dengan jarak kira-kira 70 km-an, sekitar kurang lebih 2 jam perjalanan jika ditempuh menggunakan kendaraan pribadi. Lokasi pantai ini tidak jauh dari pantai Indrayanti yang sudah cukup terkenal.

Jika Anda berniat menginap di Pantai Pok Tunggal, Anda tidak perlu sulit menemukan tempat menginap di sekitar lokasi wisata ini. Bahkan jika tiba-tiba Anda berminat melakukan camping di sekitar pantai, Anda dapat menyewa tenda dome dengan harga sekitar Rp60.000,- saja

  1. Pantai Siung

Masih membahas persoalan pantai yang tak boleh anda lewatkan saat bertandang ke Gunungkidul. Pantai Siung memberikan anda untuk melakukan kegiatan berupa panjat tebing dengan jalur pemanjatan sekitar 250 yang masing-masing mempunyai tingkat kesulitan berbeda. Namun, tenang saja pantai ini juga masih menyuguhkan hamparan pasir putih dan batu karangnya yang khas dengan ukuran raksasa. Sayangnya perjalanan untuk mencapai Pantai Siung terbilang sangat menantang.

Baca juga Pesona Air Terjun Kedung Pedut Yang Memiliki Dua Warna

Itulah objek wisata yang berada di Gunungkidul, Yogyakarta. Jadi, saat anda berlibur ke Yogya jangan sampai melewatkan beberapa lokasi wisata yang telah ditulikan sebelumnya.

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/