Pantai Pulau Peucang Ujung Kulon, BantenPanorama Alam Pantai Pulau Peucang Ujung Kulon – Panorama alam nan apik dengan lautan yang begitu luas, ditambah dengan tidak adanya sinyal handphone membuat pulau ini sangat cocok untuk dijadikan tempat membuang kepenatan. Di samping itu, mampu menciptakan suasana tempat relaksasi menarik yang menginginkan kedamaian dimana jauh dari hiruk pikuk kota. Apalagi destinasi wisata yang ada di Pulau Peucang Ujung Kulon ini sudah memiliki fasilitas sekaligus infrastruktur yang terbilang cukup memadai.

Menurut sejarahnya Pulau Peucang itu sendiri diambil dari istilah sejenis siput yang kerap kali dijumpai pada pantainya. Kemudian, nama Peucang mengartikan sebuah Kancil dimana termasuk dalam Bahasa Sunda. Keberadaan Pulau Peucang berada di sebelah timur kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandegelang, Provinsi Banten. Dengan begitu, anda wajib melihat panorama alam Pantai Pulau Peucang berikut ini.
Panorama Alam Pantai Pulau Peucang Ujung Kulon

Pesona Pulau Peucang di Timur Taman Nasional Ujung Kulon memang memiliki daya pikat tersendiri bagi para pelancong. Terlebih bagi mereka yang sangat mencintai jalan-jalan pantai. Rasanya sangat disayangkan jika berkunjung ke Provinsi Banten tidak menjejalkan kaki di Pulau Peucang ini. Sebelum sampai ke objek yang akan dituju para wisatawan harus menempuh waktu sekitar 3 jam dengan menyeberang menggunakan boat yang ada.

Pulau Peucang sendiri mempunyai lahan yang seluas 450 hektar dimana terbagi menjadi dua bagian, yang satu masuk ke dalam kawasan hutan dan satu lagi merupakan wilayah pantai. Menurut ceritanya Pulau Peucang diambil dari hewan sejenis siput, sedangkan versi lain mengatakan istilah Peucang berasal dari bahasa Sunda yang berarti hewan seperti kancil. Terlepas dari itu, ada panorama alam di Pulau Peucang Ujung Kulon. Apa saja yang dijumpai di Pulau Peucang ini? Simak berikut ini.

Semua Tentang Pantai Pulau Peucang yang Perlu Diketahui

  • Akses Menuju Pulau Peucang

Pantai Pulau Peucang yang berada di Ujung Kulon, Banten dimana menyajikan panorama alam yang menakjubkan, dengan hamparan pasir putih yang dimilikinya. Karena itulah, pulau ini masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO. Untuk mencapai Pulau Peucang para wisatawan harus melewati serangkaian perjalanan. Jika anda dari Jakarta maka mampu menempuh waktu kurang lebih selama 6 jam dengan kendaraan pribadi untuk menuju ke Desa Kertajaya, Kecamatan Sumur.

Dari Dermaga Kecamatan Sumur menuju pulau ini anda harus melakukan penyeberangan melalui Desa Sumberjaya yang dapat menempuh 3 jam menggunakan kapal motor. Namun sebelumnya, jika anda dari Jakarta hanya ditempuh 200 km dan 100 km dari provinsi Banten. Jika Anda khawatir melakukan perjalanan sendiri, mungkin Anda bisa mencari Pulau Peucang trip yang ditawarkan oleh travel-travel online yang menawarkan perjalanan wisata ke Pulau Peucang

  • Akomodasi Pulau Peucang

Bagi para wisatawan tidak usah khawatir jika ingin bermalam di Pulau Peucang. Pasalnya pihak pengelola taman nasional telah menyediakan akomodasi berupa penginapan, bahkan tempat makan dan pemandu wisata. Sayangnya tidak ada tower yang bisa menangkap sinyal, sebaiknya simpan dahulu ponsel anda dan nikmatilah pemandangan yang disuguhkan di kawasan pulau ini. Kembali ke masalah tempat penginapan, ada beberapa tipe dengan fasilitas yang terbilang lengkap. Sementara untuk harga yang ditawarkan anatara Rp. 400.000,- hingga Rp. 700.000,-.

  • Potensi Wisata Pulau Peucang

Siapa sangka Pulau Peucang memiliki banyak potensi dalam wisata alamnya. Dimana luas yang disajikan sekitar 500 hektar yang merupakan sebaguan dari kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Adapun hal yang menarik yang bisa anda temukan ialah beragam satwa langka, misalnya Rusa, Banteng Jawa, Merak Hijau, Lutung, Kijang, biawak dan Babi Hutan. Sementara itu, untuk ekosistem hutan hujan tropis yang bersifat dataran rendah yang ada di area Hutan Pulau Peucang. Adapun jenis flora tersebut ialah palahlar, bungur,cerlang serta ki hujan. Bukan hanya itu, ada tumbuhan parasit yang melilit di pohon lain untuk hidup, seperti pohon Ficus atau ara pencekik.

  • Pesona Alam Pulau Peucang

Saatnya tiba para wisatawan untuk menikmati sebuah panorama Pulau Peucang yang sangat menakjubkan. Kawasan pulau ini mempunyai air laut yang sangat jernih dimana warna airnya hijau kebiruan. Sehingga banyak pelancong khususnya penikmat pantai yang terkagum-kagum akan keindahannya. Di situlah tempat yang bagus untuk bermain-main pasir di pinggiran pantai atau sekedar berenang karena ombaknya relatif kecil. Pagi harinya, pantai ini menjadi lokasi terbaik untuk melihat terbitnya matahri dari ufuk timur. Suasana asyik begitu tergambar dari wajah para pengunjung yang pastinya sangat mengesankan bagi mereka.

Keanekaragaman hayati yang berada di Pulau Pucang membentuk kesempurnaan baik flora, fauna, maupun wilayah pantainya. Sementara jernihnya air laut dengan warna biru kehijauan beserta pasair putihnya mampu memanjakan setiap pandangan mata. Tentu saja anda akan melakukan kegiatan yang menyenangkan di pantai ini, seperti berenang ke lautan yang mana ombak begitu tenang. Namun, bagi anda yang hobi diving bisa menyeberang ke Cihandarusa untuk menikmati pesona surga laut. Di situlah anda akan melihat gugusan terumbu karang yang begitu eksotis.

  • Kegiatan Pulau Peucang

Selain anda bermain dan berenang di tepian pantai, maka ada baiknya untuk melakukan kegiatan wajib di Pulau Peucang ini. Khususnya bagi wisatawan yang gemar diving ataupun snorkeling. Wisata alam bawah laut yang disuguhakn begitu indah. Beragam jenis dari terumbu karang disertai aneka macam ikan yang saling berlarian membuat para penyelam semakin betah berlama-lama di dalam air laut. Dijamin bagi mereka yang melakukan wisata biota bawah laut tidak akan melupakannya. Salah satu lokasi yang paling nikmat untuk melihat panorama bawah laut adalah Karangcopong.

  • Menyusuri Padang Rumput Cidaon

Saat anda berlibur ke Pulau Peucang, maka rasanya kurang lengkap jika tidak mampir ke Padang Rumput Cidaon lantaran lokasinya di sekitaran pulau ini. Namun, anda harus menyeberang sejauh 2 kilometer dari Pulau Peucang dengan waktu 20 menit. Setelah anda tiba di padang rumput ini pastikan akan dikejutkan dengan hamparan luas yang begitu menakjubkan. Di sisi lain pemandangan yang seperti ini jarang sekali ditemukan di daerah tropis, Indonesia. Selain itu, anda akan melihat benteng di tengah padang rumput.

  • Karangcopong

Salah satu objek yang tidak boleh terlewati saat bearda di Pulau Peucang, yakni Karangcopong atau semacam batu karang yang mana di tengahnya copong/berlubang. Nah, dari kawasan inilah anda akan disuguhakn dengan pesona matahari tenggelam yang mempesona. Untuk itu, anda harus mendatangi Karangcopong seketika menjelang senja. Adapun letaknya yang berada di sebelah utara pulau, dimana harus ditempuh dengan perjalanan menyusuri hutan sekitar 3 km dengan waktu 50 menit jika berjalan kaki.

  • Air Terjun Citerjun

Inilah objek yang begitu populer di kawasan Pulau Peucang, yang mana bernama Air Terjun Citerjun. Pemandangan air terjun yang begitu eksotis dan memukau. Adapun bebatuan yang ada di air terjun tersebut tampak tersusun seperti teras. Setidaknya untuk mencapai lokasi air terjun, anda harus menyeberangi pulau yang berjarak 1 km dengan menggunakan perahu motor yang mampu ditempuh hanya sekitar 15 menit saja.

  • Kawasan Hutan Pulau Peucang

Ingin lebih dekat dengan fauna di Pulau Peucang? Para wisatawan tinggal menyusuri kawasan pulau ini maka akan menyaksikan hutan lebat dimana terdapat jenis pepohonan besar yang begitu menyejukan mata. Di situ pula akan melihat langsung keberadaan banyak hewan seperti kera, babi hutan, kera yang pastinya bisa bercengkerama langsung dengan para wisatawan. Menariknya hewan-hewan tersebut seolah-olah tidak merasa terganggu dengan adanya manusia.

Baca juga Panorama Keindahan Tempat Wisata Yang Ada Di Denpasar

Demikian sedikit review tentang keindahan Pulau Peucang, jadi kapan Kamu go? Nunggu tiket murah? kliktogo aja…

Peta Perjalanan Pulau Peucang

Pulau Peucang Maps

Sumber:ujungkulonboatcharter.com

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/