[aptmi_search b2c_url="http://book.kliktogo.com/" width="950" height="350"]

Pulau Wayag Surga Penyelaman di Raja Ampat. Raja Ampat adalah salah satu lokasi wisata di wilayah Papua yang keindahannya mampu menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara. Pulau Wayag merupakan ikon utama dalam wisata Raja Ampat. Lokasi Pulau Wayag berada di sebelah barat Kepulauan Raja Ampat. Pulau Wayag ini menjadi tempat diving dan snorkeling terbaik dalam wista Raja Ampat. Tidak heran Pulau Wayag dijuluki sebagai surga penyelaman di Raja Ampat. Anda harus menempuh perjalanan yang cukup jauh untuk bisa sampai di surga diving Raja Ampat ini karena lokasinya terletak di ujung Papua dan paling jauh untuk dijangkau dibandingkan beberapa pulau-pulau indah yang lainnya di Raja Ampat.

Panorama Indah Pulau Wayag

Pulau Wayag Raja AmpatPulau Wayag berada di Distrik Waigeo Barat, masuk ke wilayah Kabupaten Raja Ampat, Propinsi Papua Barat. Tidak ada tempat snorkeling paling indah di Indonesia yang menandingi keindahan Pulau Wayag Raja Ampat ini. Pesona Pulau Wayag terletak pada airnya yang begitu jernih, pemandangan indah kawanan ikan berenang di alam bawah lautnya. Terumbu karang yang hidup sebagai bagian dari ekosistem laut di Raja Ampat memberikan pengalaman penyelaman yang paling baik dan bisa saja belum pernah Anda dapatkan di tempat lain. Tentu saja penyelaman atau snorkeling di Pulau Wayag menjadi kegiatan wisata yang paling menarik dan sangat sayang bila sampai terlewatkan.

Pulau Wayag di Raja Ampat terkenal dengan lautnya yang berwarna biru muda dan biru tua. Laut tersebut memiliki pulau-pulau yang banyak mengandung kapur dan terbentang luas dengan harmonis. Di atasnya ditumbuhi pepohonan sehingga membuat pulau-pulau kapur tersebut Nampak layaknya gunung-gunung berukurang kecil yang warnanya kehijauan. Cara menikmati keindahan pemandangan wisata Pulau Wayag bisa dengan mendaki Pulau Karang. Karakter Pulau Karang ini terbilang cukup terjal, sehingga membutuhkan perjuangan dan stamina yang cukup kuat untuk mencapai ke puncak atasnya. Pendakian yang harus ditempuh akan memakan waktu sekitar 30 menit. Di puncak Pulau Karang ini, Anda akan mendapati pemandangan alam paling indah di Raja Ampat. Suguhan panorama alam yang memukau tersebut bisa Anda abadikan dalam kamera. Pemandangan alam yang ada di Pulau Wayag ini tidak kalah indah dengan wisata Halong Bay Vietnam.

Transportasi Pulau Wayag

Pulau Wayag adalah tempat wisata Raja Ampat yang termasuk dalam kawasan konservasi, sehingga setiap wisatawan harus memiliki izin masuk ke kawasan konservasi Raja Ampat. Tanda izin masuknya berupa pin dan bisa didapatkan di Hotel JE Meridien yang terletak persis di seberang Bandara Dominik Eduard Osok, Sorong. Pin ini tidak lain adalah bagian dari tag konservasi alam Raja Ampat. Setelah memiliki pin, Anda bisa memasuki kawasan Raja Ampat dengan gratis untuk jangka waktu satu tahun dan Anda tidak harus membelinya lagi.

Anda bisa menyewa kapal motor dari Sorong untuk menuju ke Pulau Wayag yang akan memakan waktu sekitar 4-5 jam. Anda yang ingin menikmati wisata Pulau Wayag di Raja Ampat, pertimbangan biaya menjadi hal yang paling diutamakan. Jika dari luar Papua, maka terlebih dahulu harus tiba di Bandara Domine Eduard Osok (DEO). Kemudian, Anda langsung melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Perikanan Sorong dengan pilihan menggunakan ojek, angkutan kota, taksi, atau bahkan bisa juga kendaraan sewaan. Setibanya di pelabuhan, Anda bisa memutuskan untuk langsung melanjutkan perjalanan ke Waisai (ibukota Kabupaten Raja Ampat). Namun, bila ingin langsung ke Pulau Wayag tanpa singgah dulu di Waisai, maka Anda bisa menggunakan speed boat dari pelabuhan di Sorong. Biaya sewa speed boat yang biayanya terbilang sangat mahal sekitar 9 juta per hari. Perjalanan menuju Pulau Wayag menggunakan speed boat dari Sorong akan memakan waktu sekitar 5 jam.

Resort dan Penginapan di Pulau Wayag

Anda tidak akan menemukan tempat penginapan di Pulau Wayag. Jika Anda menginginkan untuk menikmati indahnya malam di Pulau Wayag, maka peralatan berkemah tidak boleh ketinggalan. Alternatif lainnya, Anda bisa menginap di pulau-pulau yang dekat dengan Pulau Wayag, seperti Pulau Waigeo yang hanya berjarak sekitar 3 km. Keperluan menginap yang paling mudah, Anda bisa mengambil penginapan di Waisai. Anda bisa mencari tempat penginapan murah Raja Ampat di Waisai. Selain itu, Anda juga akan menemui banyak resort Raja Ampat yang siap melayani wisatawan, diantaranya yaitu :

  1. Penginapan Acropora
    Pemilik sekaligus pengelola tempat penginapan ini adalah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Raja Ampat.
  2. Raja Ampat Dive Resort
    Resort yang dibangun di antara pepohonan bakau yang berwarna hijau dan juga bersih dengan hutan pulau Waigeo.
  3. Raja Ampat Dive Lodge
    Lokasi tempat penginapan ini berada di Pulau Mansuar.
  4. Kri Eco Resort dan Sorido Bay Resort
    Resort yang berdiri bersebelahan dan berada di Pulau Kri.
  5. Papua Paradise Eco Resort
    Resort ini berada di Pulau Birie yang tidak berpenghuni.

Anda yang berencana mengunjungi Raja Ampat tentu juga ingin mencoba menyelam di Pulau Wayag. Namun jangan lupa cari tiket pesawat ke Papua sejak jauh hari, untuk mendapatkan harga murahnya pesan segera di kliktogo

Kunungi Tempat Wisata Lainnya..

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/