5 Tempat Wisata Alam di Daerah Ngawi – Ngawi adalah kota kecil yang terkenal akan kripik tempenya yang khas. Kabupaten yang berslogan dengan “ramah” ini terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Karena itulah, di saat musim liburan tiba lokasinya kerap menjadi tempat persinggahan, namun kebanyakan dari mereka hanya beristirahat sejenak bukan untuk melangkahkan kakinya ke objek wisata Ngawi tersebut.
Menurut sejarahnya asal nama kota Ngawi sendiri berasal dari bambu yang mana berarti “awi” lantas ditambah imbuhan “ng” maka disebutlah Ngawi. Konon di daerah tersebut banyak terdapat bambu. Sebenarnya kota Bambu yang memiliki topografi berupa dataran tinggi ini banyak menyimpan rahasia berupa potensi wisata alamnya. Sayangnya masih kurang sosialisasi dari pemerintah setempat. Agar anda lebih mengenal akan tempat wisata alam Ngawi, berikut ulasannya.

Inilah 5 Tempat Wisata Alam di Daerah Ngawi yang Asyik Buat Liburan:

  1. Air Terjun Srambang Jogorogo

Lokasi Air Terjun Srambang terletak di kaki Gunung Lawu, tepatnya di Desa Girimulyo, kecamatan Jogorogo. Tidak heran jika nuansa di kawasan air terjun ini sangat sejuk dan masih alami, lantaran tersembunyi di balik hutan pinus. Untuk sampai ke Air Terjun Srambang anda harus melewati jalan yang terjal dan berliku, lantas anda masih trekking berkisar setengah jam dari pos restribusi. Konon jika anda membasuh wajah di guyuran air terjun akan membuatnya tampak awet muda, selain itu ada juga mitos air terjun Srambang yang berkembang di masyarakat sekitar bahwa sunan lawu sering menampakkan diri di air terjun yang mempesona ini. Dari mitos-mitos ini menarik juga jika bisa menelusuri sejarah air terjun Srambang dan hubungannya dengan perjuangan Sunan Lawu

  1. Air Terjun Pengantin

Letak Air Terjun Pengantin berada di Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe yang mana akses jalan juga terbilang sulit sama halnya Air Terjun Srambang yang masih satu kawasan dengan lereng Gunung Lawu. Namun, tenang saja air terjun ini cukup ramai akan pengunjung. Selain menikmati air terjun yang memiliki 2 buah cabang dimana disebut Air Terjun Pengantin, anda juga akan mendapati banyak pedagang yang menjual makanan.

Tidak berbeda dengan air terjun lainnya di Indonesia, air terjun Pengantin juga memiliki legenda dan mitos yang hampir sama, yaitu cerita tentang keharmonisan hubungan percintaan bagi pasangan yang mandi di air terjun Pengantin Ngrambe ini.

  1. Kebun Teh Jamus

Keberadaan Kebun Teh Jamus di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamaata Sine dimana masih terletak di lerengn Gunung Lawu. Maka dari itu, udara yang ditawarkan begitu sejuk selain dengan hamparan pemandangan hijau yang memukau. Banyak pula pepohonan teh tua yang usianya melebihi seratus tahun. Jika dilihat sejauh mata memandanga maka tumbuhan teh tersebut membentuk perbukitan yang penuh pesona sehingga tak salah jika wisata Kebun Teh Jamus Ngawi ini menjadi salah satu alternatif pilihan tempat berlibur Anda

  1. Waduk Sangiran Bringin

Waduk Sangiran sangat ideal untuk objek wisata keluarga. Di samping itu juga kawasan yang tepat untuk melakukan hobi memancing. Karena di waduk inilah terdapat banyak ikan. Tidak luput dari itu, keindahan alam yang sangat khas dengan pedesaan dimana banyak pepohonan hijau yang seakan-akan mencurahkan kesan alami. Jika anda ingin berkunjung silahkan saja tempatnya di Desa Sumberbening bagian utara, Kec. Bringin.

Kegiatan mancing di Waduk Sangiran merupakan aktivitas yang sangat menarik, selain jumlah ikannya yang banyak, jenis ikannya pun sangat beragam

  1. Wisata Gunung Liliran

Lokasi Gunung Liliran berjarak kurang lebih 47 Km dari kota Ngawi, tepatnya di Desa Ketanggung Kecamatan Sine. Gunung Liliran yang menyajikan objek wisata berupa perbukitan dimana kerap dijadikan sebagai wisata alam dan spiritual. Anda bisa melihat hamparan sawah beserta aliran sungai dari atas bukit. Konon, sejarah Gunung Liliran berkaitan erat dengan cerita Joko Bodog yang merupakan sebuah cerita terkenal di Ngawi. Kesan misteri Gunung Liliran semakin terasa dengan adanya 2 buah sendang.

  1. Bumi Perkemahan Slondo

Bumi Perkemahan Slondo Ngawi memang terbukti menawarkan petualangan seru, sehingga sangat cocok untuk berlibur bersama anak-anak. Udara sejuk karena tumbuh pohon-pohon yang rindang dimana masih satu kawasan di kaki Gunung Lawu. Ada pula sungai denga jembatan gantung sehingga terkesan indah. Biasanya lokasi ini sering dimanfaatkan oleh perkemahaan anak pramuka atau PMR. Selain itu, ada kegiatan outbond dan rock climbing

Itulah sebagian sisi menarik tempat wisata alami dari Kabupaten Ngawi yang patut anda jajal saat berkesempatan mengunjungi daerah ini. Apakah anda punya tempat wisata lainnya di Ngawi yang menjadi favorit? Maka segeralah untuk disambangi.

Peta Wisata Kabupaten Ngawi

Peta Wisata Alam Ngawi

Foto: www.ngawikab.go.id

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/