[aptmi_search b2c_url="http://book.kliktogo.com/" width="950" height="350"]

Tempat Wisata Alam di Ngawi Jawa TimurTempat Wisata Alam di Ngawi, Jawa Timur – Nama ngawi berasal dari “awi” atau “bambu” yang selanjutnya mendapat tambahan huruf sengau “ng” menjadi “ngawi”. Apabila diperhatikan, di Indonesia khususnya jawa, banyak sekali nama-nama tempat (desa) yang dikaitkan dengan flora, misalnya Ciawi atau Manggis. Demikian pula halnya dengan ngawi yang berasal dari “awi” menunjukkan suatu tempat yaitu sekitar pinggir ”Bengawan Solo” dan ”Bengawan Madiun” yang banyak tumbuh pohon “awi”.

Itulah sekilas tentang sejarah kota Ngawi, saatnya kita beralih ke objek wisata apa saja yang ada di daerah ini. Letak geografisnya yang ada di tengah-tengah daratan dan menjadi bagian dari kaki Gunung Lawu menjadikannya kaya dengan pesona alam yang menyimpan sejuta tempat wisata alam yang indah. Daftar tempat-tempat menarik di Ngawi yang akan disebutkan pada postingan kali ini merupakan destinasi wajib kunjung yang paling direkomendasikan khusus untuk anda.

 

 

Daftar Tempat Wisata Alam di Ngawi, Jawa Timur

  • Air Terjun Pengantin

Air Terjun Pengantin berada di Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Adapun nama dahulunya dari air terjun ini adalah Grojokan Ndukji/Jumog, akan tetapi saat ini air terjun ini terbagi menjadi dua air terjun kembar maka diberi nama Air Terjun Pengantin. Sama halnya dengan objek wisata lain, yang mana Air Terjun Pengantin termasuk lokasi alternative sebagai tujuan pariwisata. Namun jangan salah seketika Kamu sampai di lokasi, maka akan dimanjakan oleh keindahan alam yang berupa pegunungan dan air terjun yang begitu menyejukkan.

Akses jalan menuju Air Terjun Pengantin yang masih satu kawasan dengan lereng Gunung Lawu, terbilang cukup sulit. Namun, tenang saja air terjun ini cukup ramai akan pengunjung. Selain menikmati air terjun yang memiliki 2 buah cabang dimana disebut Air Terjun Pengantin, anda juga akan mendapati banyak pedagang yang menjual makanan .

  • Air Terjun Srambang

Masih dalam suasana air terjun yang mana termasuk objek wisata Air Terjun Srambang yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Kabupaten Ngawi dan daerah sekitarnya. Dimana terletak di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi. Menariknya objek yang satu ini berlokasi di tengah hutan pinus yang mana dikelola oleh Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds, tepatnya di RPH Manyol, BKPH Lawu Utara. Untuk ketinggian air terjun tersebut sekitar 25 meter dimana memiliki kedalaman sekitar 1 meter. Saat Kamu berada di bawahnya maka guyuran air dari Air Terjun Srambang akan sangat terasa dingin dan menyegarkan.

Tidak heran jika nuansa di kawasan air terjun ini sangat sejuk dan masih alami, lantaran tersembunyi di balik hutan pinus. Untuk sampai ke Air Terjun Srambang anad harus melewati jalan yang terjal dan berliku, lantas anda masih trekking berkisar setengah jam dari pos restribusi. Konon jika anda membasuh wajah di guyuran air terjun akan membuatnya tampak awet muda.

  • Kebun Teh Jamus

Kebun Teh Jamus berlokasi di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, tepatnya di lereng Gunung Lawu, Maka dari itu, hawa sejuk yang didapatkan dari objek ini akan sangat terasa. Perkebunan Teh Jamus itu sendiri murupakan agrowisata yang berwawasan lingkungan hidup. Di samping itu, terdapat beberapa tempat yang unik dan bersejarah. Tidak hanya itu, ada juga sumber mata air yang bernama Sumber Lanang dimana memang diyakini dapat menyembuhkan penyakit sekaligus awet muda oleh masyarakat setempat.

Udara yang ditawarkan begitu sejuk selain itu hamparan pemandangan hijau yang juga sangat memukau. Banyak pula pepohonan teh tua yang usianya melebihi seratus tahun. Jika dilihat sejauh mata memandanga maka tumbuhan teh tersebut membentuk perbukitan yang penuh pesona.

  • Waduk Sangiran

Waduk Sangiran sangat ideal untuk objek wisata keluarga. Di samping itu juga kawasan yang tepat untuk melakukan hobi memancing. Karena di waduk inilah terdapat banyak ikan. Tidak luput dari itu, keindahan alam yang sangat khas dengan pedesaan dimana banyak pepohonan hijau yang seakan-akan mencurahkan kesan alami. Jika anda ingin berkunjung silahkan saja tempatnya di Desa Sumberbening bagian utara, Kec. Bringin.

  • Gunung Liliran

Gunung Liliran yang menyajikan objek wisata berupa perbukitan dimana kerap dijadikan sebagai wisata alam dan spiritual. Anda bisa melihat hamparan sawah beserta aliran sungai dari atas bukit. Menurut sejarahnya Gunung Liliran berkaitan erat dengan cerita Joko Bodog yang mana sebuah cerita terkenal di Ngawi. Kesan mistik di kawasan ini adalah ditemukan 2 buah sendang.

  • Bumi Perkemahan Selondo

Bumi Perkemahan Selondi yang biasanya digunakan oleh anak-anak Pecinta Alam atau Pramuka dan PMR. Keberadaanya yang terletak di kaki Gunung Lawu menjadikan suasana sejuk akan terasa sangat nyaman dan cocok bagi Kamu yang ingin mengeluarkan penat. Di situlah Kamu akan melihat pemandangan yang indah berlatar belakang hutan pinus, sehingga Kamu patut untuk mengabadikanya dengan jepretan kamera. Fasilitas yang mendukung seperti kegiatan adventure atau penjelajahan hingga outbond. Ada juga sungai yang indah dengan jembatan layang, dimana Anda akan menjumpai area rock climbing.

Setelah Kamu menyambangi kabupaten paling ujung barat provinsi ini yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah, itulah Kabupaten Ngawi. Daerah yang wilayahnya terkepung daratan ini punya banyak tempat menarik untuk dikunjungi, meski tidak ada pemandangan pasir pantainya.

Setelah membaca ulasan tempat wisata alam di Ngawi Jawa Timur ini, Kamu harus siapkan waktu untuk melihat sendiri keindahannya. Kamu pasti menemukan keindahan yang lebih wah dibanding cuma membaca ulasannya, ya..kan? so yuk kita Go

Baca juga tempat-tempat wisata di Jawa Timur lainnya

Claket Adventure Park Wisata Baru di Mojokerto

Claket Adventure Park Wisata Baru di Mojokerto. Claket merupakan nama desa di Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, tepatnya berada di Kecamatan Pacet. Desa yang berada di kaki gunung Welirang ini memiliki udara yang masih segar dan benar-benar asri suasananya. Desa ini...

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/