6 Tempat Wisata Alam Terindah di Ponorogo – Salah satu kota yang terkenal dengan kesenian Reognya adalah Ponorogo. Keberadaan budaya dan adat yang masih kental senantiasa menghadirkan macam warna-warni objek wisata yang menarik dan unik. Meskipun destinasi unggulan di Ponorogo adalah objek wisata budaya. Akan tetapi, wisata alam tidak meredupkan selagi masih bisa memberikan panorama alam yang asri dan alami

Berbagai tempat-tempat wisata yang menyuguhkan keelokan alam untuk menyejukan mata kebanyakan berada di daerah ketinggian. Memang bukan masalah lantaran Ponorogo tidak memiliki pantai, karena lokasinya berada di tengah-tengah. Namun, jangan salah akan objek alam dari kota Reog ini. Anda bisa menelusuri semua tempat wisata alam di Ponorogo seperti yang ingin dijelaskan di bawah ini.

Inilah Tempat Wisata Alam Terindah di Ponorogo

  1. Gunung BedesGunung Bedes merupakan bukit dengan ketinggian sekitar 200 meter dpl. Letaknya di Desa Ngadirojo, Kecamatan Sooko dimana berbatasan dengan Ponorogi dan Trenggalek. Asal mula dari nama Gunung Bedes adalah di kawasan ini banyak terdapat bedes (kera). Untuk sampai ke Gunung Bedes anda harus melewati berbagai medan yang penuh dengan tanjakan tajam. Namun, semua rasa lelah akan berhenti jika melihat bentangan hijau dari pemandanga alam Gunung Bedes tersebut.
  2. Gunung Gajah
    Gunung Gajah bukan berarti disini banyak gajahnya melainkan sebuah puncak gunung yang eksotis. Keberadaanya di KecamatanSambit dimana ketinggian mencapai 1000 mdpl. Untuk gunung yang kali ini puncaknya tidak terlalu sulit lain halnya dengan Gunung Bedes, meskipun ada beberapa medan yang menantang. Setelah anda menginjakkan kakinya di puncak saat menjelang pagi hari , maka akan dikejutkan dengan pemandangan matahari terbit indah yang mana awan di bawah kaki, terlebih siluet puncak gunung dari kejauhan
  3. Puncak Bukit Pringgitan
    Masih dalam suasana ketinggian dimana terdapat gunung dan perbukitan. Anda bisa menjumpai sebuah Puncak Bukit Pringgitan yang berada di Desa Caluk, Kecamatan Slahung. Ada baiknya anda mengunjungi bukit menjelang malam. Pasalnya akan disuguhkan sebuah panorama bintang-bintang yang saling bertaburan. Selain itu, di setiap mata memandang anda akan disajikan pemandangan city light dari kota Reog ini.
  4. Telaga Ngebel
    Telaga Ngebel terletak di kaki Gunung Wilis dengan ketinggian 734 mdpl, tepatnya Kecamatan Ngebel. Danau ini termasuk danau alami yang mana permukaan airnya berwarna biru. Kesejukan di kawasan ini membentuk sebuah perbukitan yang sangat indah. Untuk kebutuhan penunjang juga tersedia di Telaga Ngebel, seperti beberapa warung dengan menu utama yakni masakan ikan nila yang khas. Jika anda datang ke sini tepat pada tanggal 1 Suro, maka akan melihat tradisi larung sesaji oleh warga setempat.
  5. Air Terjun Toyomerto
    Air Terjun Toyomerto berlokasi di Dudun Toyomerto, Desa Pupus. Namun, keberadaan air terjun ini lebih dikenal dengan Air Terjun Selorejo dimana memiliki air terjun tingkat dua dengan ketinggian masing-masing sekitar 25-30 meter, untuk namanya disebut Selorejo Atas dan Selorejo Bawah. Tidak jauh dari air terjun maka anda akan melihat hutan pohon pinus beserta kebun kopi. Jalur yang harus anda lalui terbilang ekstem jadi harus hati-hati.
  6. Air Terjun Pletuk
    Air Terjun Pletuk menyuguhkan sebuah guyuran air berwarna kecoklatan yang cukup deras, terutama di saat musim penghujan. Keberadaan Air Terjun Pletuk terletak di perbukitan yang mana tingginya berkisar 460 mdpl. Dengan demikian, anda bisa menikmati pemandangan yang segar di lingkaran air terjun dimana memiliki gemuruh ketinggian sekitar 40 meter. Jika anda ingin mampir ke Air Terjun Pletuk maka langsung saja kunjungi di Dusun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko.
peta wisata ponorogo

Peta Wisata Ponorogo (sumber: ponorogo.go.id)

Sudah tahu kan tempat wisata alam  terindah di Ponorogo? Bagaimana pendapat Anda? Punya pandangan berbeda? Silakan menuliskannya di kolom komentar. Anda juga bisa mencari lokasi wisata terkait melalui internet dengan aplikasi GPS yang mana tersedia di smartphone anda.

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/