Wisata pulau harapan kepulauan seribuWisata Pulau Harapan Kepulauan Seribu berada di Jakarta, tepatnya di wilayah kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu. Kondisi Pulau Harapan memang terkesan lebih tenang bila dibanding dengan pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu. 

Awalnya, Pulau Harapan dikenal sebagai “Pulau Pelemparan”. Sebutan ini diberikan karena pada awalnya pulau ini merupakan pulau tujuan transmigrasi dan relokasi. Tak heran, saat ini penduduk yang mendiami Pulau Harapan sebagian adalah pendatang yang berasal dari berbagai macam suku seperti Bugis, Jawa, dan Mandar.
Pesona wisata Pulau Harapan

Wisata Pulau Harapan Kepulauan Seribu mulai dikenal wisatawan sejak awal tahun 2012. Banyak wisatawan yang takjub akan sensasi petualangan alami yang disuguhkan oleh Pulau Harapan ketika mereka menjajakinya. Lingkungan pulau yang begitu terjaga keasriannya dipadukan dengan angin sejuk pantai tentu sangat kontras dibanding hiruk pikuk ibukota Jakarta. Letak Pulau Harapan sendiri memang sedikit jauh dari kota Jakarta sehingga perairan tidak terkena imbas dari permasalahan limbah di ibukota. Tempat ini sangat cocok bagi siapa saja yang membutuhkan refreshment atau penyegaran.

Bagi yang memiliki hobi snorkeling dan diving, wisata Pulau Harapan tidak akan membuat anda kecewa. Pulau Harapan menawarkan banyak spot-spot diving dan snorkeling yang menawan. Anda akan diajak untuk menyusuri beberapa pulau seperti Pulau Putri, Pulau Kayu Angin Genteng, Pulau Macan Gundul, dan Pulau Bira Besar. Kondisi alam yang terjaga dengan baik memberikan anda kesempatan untuk menyaksikan puluhan jenis ikan, karang hias dan berbagai biota laut lain yang menakjubkan.
Tidak hanya snorkeling dan diving, masih banyak sekali obyek wisata yang bisa anda nikmati keindahannya di Pulau Harapan. Anda bisa menikmati keindahan  aquarium bawah laut dan waterboom di Pulau Putri. Tak hanya itu, anda juga bisa melakukan camping di Pulau Perak.

Aktivitas menarik yang ditawarkan

Snorkeling dan diving tentu hal yang tidak boleh anda lewatkan ketika mengunjungi wisata Pulau Harapan. Selanjutnya, anda bisa mencoba aktifitas lain. Bagi para petualang, jelajah pulau wajib anda coba. Memang keunggulan Pulau Harapan adalah anda bisa memilih pulau apa saja yang harus dikunjungi. Pulau Harapan sendiri terdiri dari 24 pulau-pulau kecil yang berada di wilayah Utara dari Kepulauan Seribu. Belum semua dari pulau-pulau tersebut ditinggali penduduk. Pulau yang dihuni oleh penduduk hanya pulau Sebina. Pulau-pulau yang lain dikelola menjadi pulau untuk wisata dan untuk konservasi.  Memang tidak mungkin bagi wisatawan untuk mengunjungi semua pulau dalam satu kali kunjungan. Pada umumnya, wisatawan menghabiskan waktu sekitar  dua hari satu malam untuk menjelajah 4-5 pulau.

Bagi para pecinta sunrise dan sunset, Pulau Harapan juga menawarkan spot-spot yang bisa mengabadikan kecantikan matahari tersebut. Anda bisa menikmati sunset di Pulau Bulat. Untuk menikmati sunrise, anda hanya tinggal pergi kepinggir pantai atau dermaga di pagi hari.

Aktifitas yang terakhir yang mungkin ingin anda coba ketika mengunjungi Pulau Harapan adalah kunjungan konservasi. Anda bisa menyimak edukasi tentang upaya penyelamatan satwa liar diberikan oleh Balai Konservasi Taman Laut Kepulauan Seribu. Di Pulau Harapan, anda bisa melihat proses pelepasan penyu-penyu dewasa agar kembali ke alam. Tak hanya itu saja, anda bisa mengunjungi Pulau Kotok. Disana anda bisa menuju ke pusat konservasi penyelamatan Elang Bondol. Itulah beberapa aktifitas menarik yang patut anda coba saat melakukan  wisata Pulau Harapan Kepulauan Seribu.

/* fb group poster start */ /* fb group poster end*/